Teatrikal Perobekan Bendera 19 September 1945 diadakan setiap tahunnya untuk mengedukasi masyarakat, terlebih generasi muda mengenai sejarah Kota Pahlawan
Surabaya (ANTARA) -
Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudporapar) Pemerintah Kota Surabaya mengadakan "Teatrikal Refleksi Perobekan Bendera 19 September 1945" di depan Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan pada 22 September 2024.
 
Kepala Disbudporapar Hidayat Syah di Surabaya, Kamis, mengatakan teatrikal Refleksi Perobekan Bendera 19 September 1945 merupakan rekonstruksi sejarah perobekan bendera Belanda menjadi bendera merah putih.
 
Ia mengatakan acara teatrikal ini rencananya akan melibatkan 1.000 orang yang terdiri atas pelajar, veteran, komunitas teater kampus Surabaya, pasukan sepeda kuno dan komunitas sejarah Kota Surabaya.
 
"Untuk tahun 2024, teatrikalnya berjudul “Berkibarlah Bendaraku” dimulai pukul 08:00 - 10:00 WIB di depan Hotel Majapahit atau dulu disebut Hotel Yamato.
 
Hidayat menjelaskan bahwa Teatrikal Perobekan Bendera 19 September 1945 diadakan setiap tahunnya untuk mengedukasi masyarakat, terlebih generasi muda mengenai sejarah Kota Pahlawan. Acara yang sudah berlangsung sejak 2009 tersebut, juga menjadi rangkaian menjelang peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Baca juga: Taman Kusuma Bangsa IKN dirancang untuk mengenang jasa pahlawan
Baca juga: Khofifah ajak masyarakat hidupkan semangat kepahlawanan lewan GJMS
 
"Refleksi perobekan bendera ini merupakan suatu catatan sejarah bahwa pada tanggal 19 September 1945 ada perobekan bendera di Hotel Majapahit yang dulu bernama Hotel Yamato. Di mana, arek-arek Suroboyo melihat Belanda mengibarkan benderannya dan dirobek menjadi Bendera Merah Putih. Nah, sejarah tersebut harus selalu diingat oleh masyarakat dan bisa menjadi edukasi bagi generasi muda saat ini," kata Hidayat.
 
Sutradara Teatrikal Refleksi Perobekan Bendera Heri Prasetyo atau biasa disapa Heri Lentho menyebut, pertunjukan yang dihadirkan pada tahun ini akan lebih dinamis dan berbeda dari tahun - tahun sebelumnya.
 
Selain menampilkan pertunjukan secara utuh dan semarak. Tahun ini juga akan ditambahkan adegan bagaimana perjuangan Bung Tomo dan Abdul Wahab (wartawan ANTARA saat itu) ketika mengabadikan foto perjuangan arek-arek Suroboyo kala itu.
 
"Untuk tahun ini, kami banyak melibatkan anak muda dan menyuguhkan cerita sejarahnya secara lebih lengkap. Bagaimana mendidihnya darah arek-arek Suroboyo saat Belanda mengibarkan bendera, termasuk adegan prekusi Bung Tomo dan Abdul Wahab oleh Hindia Belanda saat mengabadikan foto akan ditampilkan," kata Hery.
 
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, ujar Heri Lentho akan hadir dan memerankan tokoh penting yakni Residen Sudirman. Selain teatrikal akan ada suguhan bersamaan bergemuruh menyanyikan lagu-lagu wajib perjuangan.
 
Dirinya berharap, teatrikal yang disuguhkan nantinya bisa semakin menumbuhkan jiwa Nasionalisme anak muda Kota Surabaya atau arek Suroboyo.
 
"Tahun ini banyak melibatkan anak muda. Saya berharap bisa membangun dan menciptakan lagi sel-sel Nasionalisme dalam diri anak muda untuk membangun kotanya lebih baik kedepannya," katanya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024