Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut Kelasi Dua (Kld) Keu Satriawan Drajat mengukir prestasi untuk Kontingen Jawa Timur dan turut mengharumkan nama TNI AL dengan berhasil menyabet medali emas dari cabang olahraga Tarung Derajat di PON XXI Sumatera Utara-Aceh 2024.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal) dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Kamis, menjelaskan prestasi yang diukir prajurit TNI AL itu hasil dari disiplin dan kerja keras yang dia pelihara selama masa latihan sembari berdinas di Dinas Material dan Perbekalan (Dismatbek) Komando Armada II TNI Angkatan Laut.

Prestasi yang diukirkan Satriawan di ajang PON XXI itu juga, sebagaimana disampaikan Dinas Penerangan TNI AL, merupakan tindak lanjut atas instruksi Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali yang memerintahkan jajaran prajurit selalu mencetak prestasi sesuai kemampuan dan keahliannya di ajang-ajang kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Satriawan berhasil menambah perolehan emas Kontingen Jawa Timur setelah mengalahkan pesaingnya, atlet Tarung Derajat dari Jawa Barat, yaitu Diar Muhammad di babak final nomor 49,1 kilogram sampai dengan 52 kilogram putra. Babak final Tarung Derajat untuk nomor pertandingan itu berlangsung di Bale Meuseraya Aceh, Kota Banda Aceh, Kamis.

Dalam perjalanannya menuju babak final itu, Satriawan berhasil mengalahkan beberapa pesaing kuat dari Kontingen Jakarta dan Sumatera Utara.

"Prestasi ini adalah sejarah baru bagi Jawa Timur. Delapan tahun lalu tarung derajat Jatim pernah mendapat satu emas di PON Jabar dan meningkat tajam dibanding PON sebelumnya di Papua, namun kini berkat keahlian dan semangat juang yang tinggi dari Prajurit TNI Angkatan Laut, Jawa Timur dapat menyabet gelar juara," demikian siaran resmi Dinas Penerangan TNI AL.

Dalam rangkaian kompetisi PON XXI di Sumatera Utara dan Aceh, sejumlah prajurit TNI yang juga para atlet yang mewakili daerahnya masing-masing menorehkan prestasi dengan menyumbangkan medali emas di berbagai cabang olahraga.

Di samping Satriawan, ada juga Sertu Adam Yazid Ferdiansyah, prajurit TNI Angkatan Darat, yang berhasil meraih meraih medali emas kelas -68 kilogram kyorugi putra setelah menang dalam babak final Taekwondo di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumatera Utara, minggu lalu.

Kemudian, ada juga atlet lari yang juga prajurit TNI Angkatan Laut, Serda Wahyudi Putra, berhasil mendapatkan dua medali emas untuk nomor 1.500 meter dan 800 meter putra di ajang PON XXI Tahun 2024.

Baca juga: KRI WSH-991 bakal berlayar ke tiga negara Pasifik untuk misi muhibah
Baca juga: TNI AL gagalkan penyelundupan kokain dan sabu di perairan terluar RI

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024