Keberadaan Kader KB itu sangat positif sekali dan telah memberikan andil yang besar sehingga Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan dua penghargaan tertinggi dalam program KB nasional bangga kencana
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu menyiapkan anggaran insentif untuk 1.022 Kader Keluarga Berencana (KB) yang bertugas di desa/kelurahan dalam 15 kecamatan di wilayah itu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Rejang Lebong Sutan Alim pada acara pembagian insentif Kader KB di Kecamatan Selupu Rejang, Kamis, mengatakan Kader KB yang ada di daerah itu merupakan ujung tombak pelaksanaan program KB tersebar dalam 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong.

"Jumlah Kader KB yang ada di 156 desa dan kelurahan di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 1.022 orang, mereka ini kita berikan honor Rp95.000 per bulan yang dibayarkan tiga bulan sekali," kata dia.

Dia menjelaskan total anggaran untuk pembayaran insentif Kader KB ini mencapai Rp1,165 miliar di mana per orangnya menerima insentif sebesar Rp95.000 per bulan.

Kader KB ini yang ada di wilayah itu, kata dia, bertugas melakukan sosialisasi program-program KB di desa/kelurahan masing-masing. Selain itu mereka ini juga menjalin kerja sama dengan perangkat desa, perangkat agama, perangkat adat, serta tokoh masyarakat setempat.

Baca juga: BKKBN: Kader KB berperan ubah pola asuh keluarga untuk cegah stunting
Baca juga: BKKBN: Insentif kader bisa atasi kebutuhan KB untuk cegah stunting


Keberadaan Kader KB itu sangat positif sekali dan telah memberikan andil yang besar sehingga Kabupaten Rejang Lebong mendapatkan dua penghargaan tertinggi dalam program KB nasional bangga kencana yakni Satya Manggala Kencana dan Karya Manggala Kencana Tahun 2023 lalu.

Menurut dia, para Kader KB yang ada di desa dan kelurahan di wilayah itu minimal berpendidikan tamat SMA sederajat serta mampu mengoperasikan Android, karena harus membuat laporan berbasis elektronik.

Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi dalam kesempatan itu menyatakan berkat upaya dan kerja keras para Kader KB maupun Petugas Pembantu KB Desa (PPKBD) yang ada di 156 desa/kelurahan di Rejang Lebong telah mengharumkan nama daerah sehingga mendapat penghargaan dari pemerintah pusat.

"Bupati Rejang Lebong bersama ketua TP PKK Rejang Lebong pada Tahun 2023  menerima penghargaan Satya Manggala Kencana dan Karya Manggala Kencana dari Kepala BKKBN Pusat," jelasnya.

Bupati Syamsul Effendi mengatan kerja keras dari ibu-ibu Kader KB ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, selain memberikan penyuluhan dan pembinaan soal KB juga mendukung upaya penurunan stunting.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024