Anggarannya dari pusat lewat BNPB
Garut (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan semua rumah yang rusak akibat gempa bumi di Kabupaten Garut dan Bandung, Jawa Barat mendapatkan bantuan perbaikan rumah dengan sumber anggaran dari pemerintah pusat.

"Rumah-rumah rusak ini (Garut) termasuk infrastruktur juga segera akan diperbaiki sama dengan daerah-daerah lain," kata Kepala BNPB Suharyanto saat persiapan meninjau daerah terdampak gempa bumi di Kantor Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Kamis.

Ia menuturkan, pemerintah sudah menetapkan status tanggap darurat bencana gempa bumi, kemudian tahapan selanjutnya membahas tahapan rehabilitasi konstruksi bangunan rumah warga maupun infrastruktur untuk dilakukan perbaikan.

Upaya menanggulangi dampak bencana alam itu, kata dia, yang perlu diperhatikan setelah kejadian bencana yakni perbaikan rumah yang terdampak bencana gempa.

"Jadi, pasca bencananya yang kita pikirkan, mudah-mudahan tidak ada bencana gempa susulan," katanya.

Baca juga: BNPB dorong pemulihan dampak gempa Jabar selesai kurang dari 14 hari
Baca juga: Asesmen dilakukan untuk penanganan bangunan rusak akibat gempa Bandung


Ia mengungkapkan skema bantuan perbaikan rumah yang rusak akibat gempa itu untuk rusak berat akan dibangunkan rumah baru, kemudian rusak sedang akan dibantu uang sebesar Rp30 juta, dan Rp15 juta.

Selanjutnya bantuan perbaikan, kata dia, akan dilakukan untuk bangunan infrastruktur lainnya yang rusak dengan sumber anggarannya langsung dari pemerintah pusat melalui BNPB.

"Anggarannya dari pusat lewat BNPB," katanya.

Ia menambahkan, bantuan lainnya untuk kebutuhan dasar dan operasional sudah diberikan kepada pemerintah daerah untuk menanggulangi daerah yang terdampak bencana gempa.

Upaya lainnya saat ini, kata dia, membentuk Satuan Tugas TNI dan Polri untuk penanganan bencana seperti yang sudah dilakukan saat bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

"Jadi Satgas TNI Polri ini akan membantu masyarakat, membantu membersihkan puing-puing bekas bencana, dan bisa juga membantu masyarakat yang terdampak memperbaiki rumah rusak," katanya.

Baca juga: Pj Bupati Garut pastikan bantuan untuk korban gempa tersalurkan
Baca juga: BPBD Garut turunkan tim tanggulangi daerah terdampak gempa Bandung
Baca juga: BMKG: Getaran gempa di Bandung timbul akibat aktivitas sesar Garut




 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024