Jakarta (ANTARA) - Danone Indonesia berhasil berkontribusi dalam menjaga dan melindungi sumber daya air serta kontribusinya terhadap pembangunan berkelanjutan di wilayah operasional, khususnya di daerah Jawa Barat.

Hal tersebut tercermin dari penghargaan yang diraih sebagai “Best Companies for Nature and Environmental Sustainability” di ajang CNN Indonesia Awards 2024 dan turut diapresiasi oleh pemerintah daerah Jawa Barat.

“Ajang ini jadi apresiasi untuk mereka yang telah memberi kontribusi nyata untuk kemajuan Jawa Barat. Dibutuhkan inovasi dan kolaborasi yang menjadi kunci untuk membawa Jawa Barat dan Indonesia menuju masa depan yang lebih sejahtera dan kompetitif. Kita membutuhkan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan,” kata Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dalam pidatonya yang dikutip melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis.

Bey menambahkan bahwa Jawa Barat berkomitmen untuk terus mendukung kebijakan dan program yang membawa perubahan positif, baik di bidang pendidikan, kesehatan, teknologi, hingga lingkungan hidup.

Baca juga: Produsen AMDK siap bermitra dengan pemerintah atasi permasalahan air

Baca juga: Produsen AMDK komitmen atasi krisis air bersih dan sanitasi


Selain itu, Arif Mujahidin selaku Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan bahwa penghargaan yang diterima Danone Indonesia wujud nyata dari visi Danone Indonesia: One Planet, One Health.

“Dalam menjalankan bisnis, kami berpegang teguh pada visi: One Planet, One Health. Kami percaya, bumi yang sehat akan menciptakan masyarakat yang sehat pula, sehingga dalam rantai bisnis, pelestarian alam dan lingkungan menjadi prioritas kami. Hal ini ditunjukkan lewat sejumlah inisiatif dan program keberlanjutan yang difokuskan pada pengelolaan sumber sumber daya air, pengurangan karbon, dan pengelolaan sampah,” ungkap Arif.

Selain itu, ia menyatakan pihaknya juga memiliki Danone Impact Journey sebagai kompas dan peta jalan kami dalam memberi dampak nyata bagi yang masyarakat yang berorientasi pada pelestarian lingkungan, pertumbuhan masyarakat, dan kesehatan.

Adapun, Danone Indonesia turut aktif dalam upaya pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi dari hulu hingga hilir di sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Danone beroperasi termasuk di Jawa Barat.

Danone Indonesia telah melakukan program konservasi di area hulu dengan menanam sebanyak 880.705 pohon, memasang 1.204 sumur resapan, juga menyediakan 4.203 unit rorak. Selain itu, terdapat program pertanian regeneratif dengan total lahan 35.6 ha yang turut melibatkan dan memberdayakan petani di Jawa Barat.

Danone Indonesia telah membangun 179 sarana air bersih untuk keluarga di Jawa Barat.

Danone Indonesia juga terus berupaya untuk menerapkan proses produksi yang ramah lingkungan, salah satunya dengan terus melakukan upaya efisiensi energi dan penggunaan energi terbarukan melalui instalasi pembangkit listrik tenaga surya atap (PLTS Atap) di beberapa Pabrik seperti Pabrik Ciherang, Mekarsari, Cianjur yang telah terbukti dapat mengurangi emisi sebesar 3.894 ton CO2 /tahun.

Baca juga: Jabar menuju transportasi hemat dan ramah lingkungan

Baca juga: PUPR: "Impounding" Bendungan Leuwikeris percepat ketahanan air Jabar

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024