Makassar (ANTARA) -
Srikandi PLN hadir memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Makassar melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) agar mampu meningkatkan omzet UMKM hingga dua kali lipat.
 
Melalui program Srikandi Movement 2024, Woman Support Woman, Srikandi PT PLN (Persero) hadir memberikan bantuan kepada Rama Craft.
 
Ketua Srikandi PLN UID Sulselrabar Dhini Fakhdiana melalui keterangannya di Makassar, Kamis mengatakan bahwa program ini bertujuan memberikan bantuan secara langsung kepada kelompok perempuan rentan, seperti lansia.
 
"Rama Craft memenuhi kriteria tersebut, selain karena dipimpin oleh seorang perempuan, yaitu Masjeng, hampir semua pengrajin di bawah naungan UMKM tersebut adalah perempuan lanjut usia," kata dia.
 
Srikandi Movement merupakan gerakan yang berasal dari inisiatif Srikandi PLN untuk terus berkontribusi memberi manfaat secara langsung kepada masyarakat luas. Salah satu programnya, Woman Support Woman, bertujuan untuk memberikan bantuan kepada kelompok perempuan rentan, seperti lansia.
 
Rama Craft adalah UMKM yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan berupa anyaman dari enceng gondok. UMKM ini berdiri sejak tahun 2014 dan dipimpin oleh Masjeng, dengan anggota yang hampir semuanya adalah perempuan lanjut usia.
 
Pimpinan Rama Craft bernama Masjeng atau biasa dipanggil Ijeng, berharap dengan bantuan yang diberikan PLN kegiatan operasional mereka semakin dipermudah dan mereka dapat berinovasi dalam mengembangkan produk baru agar UMKM ini semakin berkembang.
 
“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh PLN melalui program TJSL PLN Peduli dan Woman Support Woman kepada UMKM kami," kata dia.
 
Bantuan dari PLN berupa mesin jahit, lemari etalase, bio varnish, dan seragam. "Semoga dapat memudahkan kegiatan operasional kami serta membantu kami berinovasi menciptakan produk baru agar UMKM kami semakin berkembang," ujarnya.
 
Dirinya mengaku bahwa sebelum mendapat bantuan TJSL PLN, Rama Craft hanya mampu memproduksi 20 buah kerajinan dengan omzet Rp4 juta per bulan. Setelah menjadi mitra binaan PLN, Rama Craft kini mampu meningkatkan kapasitas produksi hingga 50 buah dengan omzet Rp10 juta per bulan.
 
PLN UID Sulselrabar bertekad untuk terus mendorong pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) guna memajukan perekonomian masyarakat.
 
General Manager PT PLN (Persero) UID Sulselrabar Budiono yang hadir langsung untuk menyerahkan bantuan di UMKM Rama Craft, menyatakan bahwa pemberian bantuan ini adalah wujud komitmen PLN dalam mendorong dan memberdayakan perempuan di lingkungan sekitar.
 
Ia menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan UMKM Rama Craft dengan membuat kerajinan anyaman dari bahan baku enceng gondok tidak hanya bermanfaat untuk peningkatan ekonomi, tetapi juga ramah lingkungan.
 
Melalui Srikandi Movement dan program TJSL, PLN mewujudkan komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus mendorong dan memberdayakan kelompok perempuan di sekitar lingkungan PLN.
 
"Kami melihat bahwa kegiatan yang dilakukan UMKM Rama Craft ini sangat luar biasa. Tidak hanya memberdayakan ibu-ibu dan kelompok perempuan rentan, tetapi bahan baku yang digunakan, yaitu enceng gondok, juga sangat ramah lingkungan," kata Budiono.
 
Budiono optimistis bahwa dengan bantuan berupa mesin jahit berjenis cangklong, kapasitas produksi dan variasi produk dari Rama Craft akan semakin meningkat.
 
“Kami berharap dengan bantuan yang kami berikan, termasuk mesin jahit berjenis cangklong ini, kapasitas produksi akan semakin meningkat dan variasi produk yang dihasilkan oleh Rama Craft akan semakin beragam,” tambahnya.
 
Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan Kota Makassar Naning Sudiar mengapresiasi PLN yang telah memberikan perhatiannya kepada kelompok perempuan rentan.
 
“Terima kasih kepada PLN yang telah memberikan perhatian kepada kelompok perempuan rentan. Untuk membantu para perempuan rentan agar lebih produktif, tentu dibutuhkan bantuan dari banyak pihak. Program Woman Support Woman ini tentunya sejalan dengan program kami di pemerintah kota,” ujar Naning.

Baca juga: Srikandi PLN bantu pasang listrik gratis untuk 66 keluarga saat HLN
Baca juga: Srikandi PLN berikan donasi untuk Yayasan Peduli Anak Kanker di Bali
Baca juga: PLN apresiasi peran Srikandi PLN sukseskan siaga Idul Fitri 2024

 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024