Jakarta (ANTARA) - Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri bersama Sekretariat Militer Presiden Kementerian Sekretariat Negara melakukan verifikasi lapangan atas usulan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Pemerintahan Dalam Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan Tahun 2024 ke Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kunjungan yang berlangsung dari tanggal 17 hingga 19 September 2024 dilakukan untuk verifikasi usulan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya (SWK) Bidang Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan atas nama Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, seperti keterangan resmi diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan itu, Tim Verifikasi Satyalencana Wira Karya dipimpin Yogi Endra Permana, Kasubdit Kawasan Khusus Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, Kementerian Dalam Negeri bersama Ani Afrilda Sinaga, Analis Anggaran Ahli Madya, Biro Umum, Kemensetneg yang didampingi Bupati Kebumen beserta organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam sambutannya, Yogi berharap bahwa dari peninjauan lapangan ini dapat memberikan gambaran ke Tim Penilai mulai dari latar belakang program, implementasi, hingga evaluasi dengan dukungan data-data pendukung untuk mengukur dampak dari program tersebut.

Sementara itu, Ani mengatakan semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam acara ini dapat mendukung kesuksesan dan lancarnya rangkaian kegiatan verifikasi lapangan atas usulan tanda kehormatan dimaksud.

"Ini meliputi presentasi dan pendalaman terhadap karya/inovasi/jasa calon penerima serta peninjauan lapangan ke lokasi yang telah ditentukan, karena penghargaan ini akan memiliki arti tersendiri bagi kemajuan di bidang dan lingkungan kerja tempat calon penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya," kata Ani dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Agenda utama kegiatan verifikasi usulan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya Bidang Pemerintahan Pengelolaan, Pengembangan dan Pembangunan Kelautan di Kabupaten Kebumen, yaitu mendengarkan paparan dari calon penerima tanda kehormatan di Ruang Pertemuan Bupati, serta kunjungan lapangan.

Setelah pemaparan, Tim Verifikasi Satyalencana Wira Karya Ditjen Bina Adwil bersama Kemensetneg kemudian melakukan pendalaman materi dengan menyampaikan berbagai pertanyaan kepada calon penerima penghargaan terkait dengan program yang diusulkan.

Dalam sesi ini, berbagai pihak yang terlibat seperti Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gajah Gunung, Kelompok Pelestari Alam (KPA) Jogo Simo, dan Tokoh masyarakat Kab. Kebumen.

Pada pendalaman materi Konservasi Penyu di Pantai Kali Ratu dan Budidaya Udang Melalui Kolaborasi Pentahelix di lapangan yang menjadi program unggulan dari calon penerima tersebut juga turut menyuarakan opininya.

Sementara itu, kunjungan lapangan ke Pantai Kali Ratu, Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong, dipandu langsung Bupati Kebumen untuk keperluan mengumpulkan data serta informasi dari para penerima manfaat atas prestasi/jasa yang telah dilakukan oleh calon penerima Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memastikan antara prestasi/jasa yang disampaikan apakah sesuai dengan faktual di lapangan.

Baca juga: Jokowi anugrahkan lima Satyalencana Wira Karya pada Harganas 2024
Baca juga: Penilai Satyalencana Wira Karya lakukan verifikasi lapangan di Magetan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024