Garut (ANTARA) - Sejumlah personel dari Kepolisian Resor Garut diturunkan untuk membantu masyarakat membersihkan material bangunan rumah warga yang rusak akibat guncangan gempa bumi berkekuatan 5.0 yang melanda Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis.

Wakil Kepala Polres Garut Kompol Dhoni Erwanto mengatakan, personel dari Polres Garut dibantu Polsek Pasirwangi disebar ke beberapa titik rumah warga yang rusak untuk membantu membersihkan puing-puing bangunan rumah.

"Tugas saat ini adalah melakukan bantuan SAR terbatas, seperti membersihkan material atau puing-puing bekas gempa, membersihkan rumah warga," katanya.

Ia mengatakan bantuan membersihkan rumah yang terdampak gempa itu untuk membantu meringankan beban warga agar bisa secepatnya kembali beraktivitas seperti biasa.

Selain membersihkan rumah, kata dia, pihaknya juga memberikan bantuan kebutuhan air bersih untuk masyarakat di daerah yang terdampak gempa bumi itu.

"Kami juga telah memberikan bantuan berupa air bersih dengan mengirimkan mobil watergen," katanya.

Ia menambahkan, sejumlah personel juga tidak hanya membantu membersihkan tapi disiagakan di sejumlah titik pemukiman rumah warga yang rusak terdampak gempa untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Polres Garut juga, kata dia, menerjunkan tim dokter dan kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terdampak gempa.

Pada hari kedua setelah kejadian bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5.0 yang berpusat di Bandung itu masih terlihat masyarakat membereskan barang-barang perabotan rumah mereka.

Ada juga masyarakat yang harus mengungsi ke tenda darurat karena kondisi rumahnya sudah dinilai berbahaya untuk ditempati.

Baca juga: Pemkab Garut sisir rumah warga yang rusak akibat gempaBandung

Baca juga: Pj Bupati Garut pastikan bantuan untuk korban gempa tersalurkan

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024