Medan (ANTARA) - Pebiliar Jakarta Ponco Klinton Manurung mempersembahkan medali emas yang diraih dari cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 untuk sang ibu yang memberikan dukungan langsung di arena pertandingan.

"Medali emas ini saya persembahkan khusus buat mama saya, itu mama saya," ujar Ponco kepada awak media sambil menunjukkan jari ke arah ibunya yang berdiri di dalam arena pertandingan di Pardede Hall, Medan, Kamis.

Ponco memastikan gelar juara usai mengalahkan wakil Sumatera Utara Punguan Hasiholan pada babak final nomor 10 ball single putra.

Ia meraih kemenangan setelah mendominasi semua set hingga mencatatkan skor akhir 9-0, sekaligus memastikan emas kelima untuk tim biliar DKI Jakarta.

Ponco mengakui Punguan merupakan salah satu pebiliar unggulan pada nomor pool, sehingga ia terus bermain dengan sabar dan hati-hati dari awal laga.

"Rasa takut tetap ada walaupun kita sudah unggul skor sehingga tetap saja saya waspada," ujarnya.

Dengan perolehan emas itu, tim biliar DKI Jakarta mengoleksi lima emas, menyamai lima emas yang dikantongi Sumatera Utara.

Baca juga: Biliar - Maulidi buka peluang raih emas untuk Sumsel di akhir turnamen

Cabang biliar PON Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung selama 9-19 September mempertandingkan lima nomor utama yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Hari terakhir turnamen berlangsung pada Kamis yang memperebutkan empat emas pada nomor 9 ball single putra, 10 ball single putra, english billiard 250 point single, dan snooker six reds single.

Pada PON kali ini, turnamen biliar diikuti sebanyak 127 atlet putra dan 14 atlet putri. Para atlet berasal dari 32 provinsi yaitu, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Selain itu, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Baca juga: Biliar - Diko kandaskan langkah Dhendy pertahankan gelar juara PON
Baca juga: Biliar - Dua wakil Jakarta melaju ke final rebut emas dua nomor biliar

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024