Guangzhou (ANTARA) - Sebuah pesawat penumpang C919 yang dioperasikan oleh maskapai China Southern Airlines lepas landas dari Bandar Udara Internasional Baiyun Guangzhou pada Kamis (19/9), menandai penerbangan komersial C919 perdana dari maskapai yang berbasis di Guangzhou tersebut.

Penerbangan CZ3539 mengangkut penumpang dalam muatan penuh menuju Bandar Udara Hongqiao Shanghai. Sejauh ini, tiga maskapai besar China telah memulai operasi komersial menggunakan pesawat penumpang besar pertama yang diproduksi secara domestik oleh China tersebut.

Pada April, China Southern Airlines menandatangani kesepakatan untuk membeli 100 unit pesawat C919 dari Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC).

Hingga saat ini, COMAC telah mengirimkan sembilan unit pesawat C919 ke tiga maskapai terkemuka di China. China Southern dan Air China pada 28 Agustus menerima pesawat C919 pertama mereka di Shanghai. China Eastern Airlines, yang merupakan pelanggan pertama C919, telah melaporkan kinerja operasional yang konsisten dengan tujuh pesawat C919 sejak pesawat tersebut mulai dioperasikan pada 28 Mei 2023.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Azis Kurmala
Copyright © ANTARA 2024