Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis penyakit dalam konsultan hemato-onkologi medik UI Prof. Dr. dr. Ikhwan Rinaldi Sp.PD-KHOM M. Epid mengatakan istilah metastasis HER2-Low masih terdengar asing, namun ditemukan 60 persen orang didiagnosis HER2-Negatif dengan kadar HER2 rendah. 

“Pengetahuan metastasis kanker payudara HER2-Low di Indonesia masih sedikit, status HER2 berbeda dengan status hormonal, orang dengan kadar HER2 rendah bisa hormonal positif,” kata Ikhwan dalam gelar wicara memahami metastasis kanker payudara di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan HER2 rendah yang selanjutnya disebut HER2-Low terdeteksi jika pemeriksaan imunohistokimia (IHK) pada spesimen biopsi yang diambil dari sel kanker menunjukkan kadar protein HER2 yang rendah dengan IHK 1+ atau 2+.

Baca juga: AstraZeneca kembangkan pengobatan dukung pejuang kanker payudara 

HER2-Low terjadi pada stadium awal dan penyebarannya cenderung lebih cepat sehingga pengobatan awal sangat diperlukan agar tidak menyebar. Pasien kanker payudara HER2-Low dapat terus diobati untuk memperlambat kecepatan dan penyebaran pertumbuhan kanker, mengurangi keparahan gejala, meningkatkan kenyamanan dan kualitas hidup, dan dapat memperpanjang waktu masa bebas penyakit hingga dua kali lipat.

“Pengobatannya antibodi terapi target trastuzumab dan obat kemoterapi Deruxtecan, dia bekerja dengan cara menempel di HER2, kombinasi obat ini tujuannya supaya kemoterapinya cuma kenain sel kanker,” katanya.

Dokter Pendidik Klinis di Program Studi Ilmu Penyakit Dalam FKUI ini menjelaskan sel kanker akan menyebar ke organ yang memiliki banyak pembuluh darah seperti tulang, paru-paru, dan hati.

Baca juga: Perlunya dukungan orang terdekat saat terdiagnosa kanker payudara

Sel payudara juga berpotensi menjadi sel kanker karena beberapa faktor risiko yang memicu pertumbuhan sel menjadi abnormal yaitu hormonal, aktivitas fisik yang kurang, obesitas, konsumsi alkohol, dan merokok. Selain itu, usia dan faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab lainnya.

Sementara itu tanda dan gejala adanya kanker payudara yang perlu diperhatikan adanya benjolan, keluar cairan putih atau darah selain ASI, penebalan kulit di payudara, perbedaan puting, iritasi, perubahan bentuk payudara, bersisik dan nyeri di area payudara.

“Kalau merasa ada tanda langsung datang ke dokter, nanti akan diperiksa dengan mamografi, USG untuk melihat benjolan padat atau cair, dan biasanya dilakukan biopsi untuk mengambil jaringan dan MRI atau CT Scan,” jelasnya.

Baca juga: Komunitas Lovepink tingkatkan kesadaran kanker payudara Her2-Low

Baca juga: Tingkatkan kesadaran akan kanker payudara, Y.O.U gaet Lovepink


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024