Jakarta (ANTARA) - Ketua Yayasan Daya Dara Indonesia (Lovepink) Dede Gracia terus melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran perempuan terhadap kanker payudara terutama tentang jenis kanker Her2-Low yang masih baru di Indonesia.

“Lovepink Indonesia sangat senang dapat mengambil peran dalam kampanye #AndHerTogether, dengan melakukan sosialisasi tentang jenis kanker HER2-Rendah, sebuah konsep yang sudah ada namun masih tergolong baru di Indonesia, sehingga para pejuang kanker dengan jenis tersebut memiliki opsi perawatan yang tepat untuk membantu kesembuhan dan kelangsungan hidup yang lebih berkualitas,” kata Dede dalam acara gelar wicara memahami kanker payudara “Mengenal Metastasis Her2-Low" di Jakarta, Kamis.

Dede mengatakan kanker payudara merupakan suatu hal yang harus diperhatikan secara serius karena semakin tahun semakin meningkat, bahkan untuk perempuan kanker payudara masih menduduki peringkat pertama penyebab kematian.

Ia juga mengatakan penderita kanker payudara tidak lagi menyerang usia 50 tahun ke atas namun sudah merambah ke anak muda, sehingga Lovepink juga gencar melakukan edukasi pada remaja. Sekitar 60-65 persen pasien penderita kanker payudara terdiagnosa tipe Her2 Positif metastasis dan Her2 Negatif, maka itu diperlukan pemahaman tentang penanganan yang tepat bagi pasien.

Baca juga: LovePink: Pemeriksaan dini perbesar peluang sembuh kanker payudara

Baca juga: Pengalaman Chelsea Islan dampingi ibu terdiagnosa kanker payudara


Di sisi lain, penyintas kanker payudara HER2-Rendah dari Lovepink, Woro Kusunianingrum, memberikan pengalamannya selama menjalani pengobatan kanker payudara HER2-Rendah.

“Dalam menjalani pengobatan sebagai pasien kanker payudara HER2-Rendah, sangatlah penting untuk berkonsultasi aktif dengan dokter sejak awal, dimana kita bisa berdiskusi tentang pilihan terapi inovatif kanker payudara yang terbaru dan tersedia, serta jenis pengobatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup, dan tidak merujuk kepada informasi lain, kecuali dari dokter,” ujar Woro.

Lebih lanjut, Woro menjelaskan tentang pentingnya disiplin menjalankan perawatan, dari dokter bedah ke dokter hematologi onkologi medik. Woro mengatakan pasien diharapkan mengikuti seluruh anjuran terapi yang disarankan dokter, dan semua proses pengobatan.

“Saya jalani dengan ikhlas dan penuh semangat berkat dukungan keluarga, sahabat, dan komunitas,” katanya.​​​​​​​

Woro juga menekankan akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat sebagai bagian penting dari proses penyembuhan kanker payudara HER2-Rendah. Ia mendorong kepada sesama pejuang kanker payudara untuk membiasakan pola hidup sehat dengan tidak merokok, makan makanan sehat, berolahraga secara rutin, dan lakukan deteksi dini dengan periksa payudara sendiri secara rutin.

“Jika ada benjolan, jangan takut dan segera berkonsultasi ke dokter. Kanker bukanlah akhir dari segalanya, justru menjadi harapan baru sebagai manusia yang lebih baik,” ujarnya.

Baca juga: Perlunya dukungan orang terdekat saat terdiagnosa kanker payudara

Baca juga: AstraZeneca kembangkan pengobatan dukung pejuang kanker payudara 

Baca juga: Yang perlu diketahui tentang vaksin kanker payudara

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024