Jakarta (ANTARA) - Kereta api merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat terlebih untuk berpergian jarak jauh. Bukan hanya harganya saja yang relatif terjangkau tetapi banyak fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan oleh para penumpang.

Banyak keuntungan serta hal menarik dari setiap perjalanan dalam menggunakan moda transportasi ini. Tak hanya itu saja, waktu yang telah ditetapkan pada rute kereta api lebih terstruktur sehingga penumpang dapat mengatur waktunya secara lebih efisien.

Bagi para penumpang yang ingin berpergian menggunakan kereta api jarak jauh, pastinya harus memperhatikan setiap syarat yang telah ditetapkan. Pada saat ini penumpang tidak perlu repot-repot melakukan tes COVID-19 atau menunjukkan sertifikat vaksin, karena syarat terbaru naik kereta api jarak jauh tahun 2024 ini cenderung lebih fleksibel dibandingkan pada masa pandemi.

Baca juga: Jadwal dan harga tiket kereta api Bandung - Malang

Agar diperjalanan terasa nyaman, setiap penumpang diharapkan untuk dapat memenuhi aturan terbaru yang berlaku pada saat ini.

Berikut ini terdapat syarat terbaru bagi calon penumpang dalam menggunakan kereta api jarak jauh, yang telah dirangkum dari laman resmi tiketkai.com:


Syarat naik kereta api jarak jauh terbaru 2024


1. Tidak perlu melakukan dan membawa hasil tes COVID-19

Untuk syarat kereta api jarak jauh terbaru ini setiap para penumpang sudah tidak perlu repot-repot melakukan dan membawa hasil tes COVID-19 seperti rapid antigen ataupun PCR. Sehingga hal ini memberikan kemudahan kepada setiap penumpang dalam melakukan perjalanan, ditambah karena kasus COVID-19 sudah tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Baca juga: Jadwal dan harga tiket kereta api rute Semarang - Gambir, Jakarta 2024

2. Setiap penumpang tidak wajib menunjukkan sertifikat vaksin

Dalam menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 sudah tidak diwajibkan dalam menggunakan kereta api jarak jauh, namun saat ini tetap disarankan kepada para penumpang untuk melakukan vaksinasi COVID-19 minimal dosis booster kedua.

Dari segi hal ini diperuntukkan dalam meminimalisir risiko terpapar COVID-19 terutama pada masyarakat yang memiliki daya tahan imun lemah.


3. Tidak diwajibkan memakai masker

Apabila penumpang kereta api berada di kondisi sehat dan tidak memiliki risiko menularkan atau tertular COVID-19, setiap penumpang diperbolehkan untuk tidak memakai masker. Dengan satu hal terpenting, daya tahan tubuh yang kuat serta dalam keadaan sehat.


4. Kondisi tubuh yang sehat

Setiap para penumpang diperlukan memastikan dirinya ataupun orang terdekat yang akan berpergian bersama menggunakan kereta api jarak jauh, harus dalam keadaan yang sehat dan tubuh yang fit. Untuk meminimalisir terpapar nya penyakit yang mudah tertular serta pastikan kondisi tubuh tidak sedang flu, batuk ataupun demam.

Baca juga: Jadwal kereta api Surabaya-Yogyakarta beserta harganya 

Baca juga: Jadwal keberangkatan kereta dari Stasiun Malang ke Stasiun Gambir

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2024