Jakarta (ANTARA) - Saat bepergian dengan kereta api, faktor kenyamanan dan privasi menjadi sangat penting, terutama untuk perjalanan jarak jauh atau pada malam hari.

Salah satu solusi yang menawarkan kedua aspek tersebut adalah kereta kompartemen. Berbeda dengan desain kereta api pada umumnya yang mengutamakan kapasitas dan ruang yang terbuka, kereta api kompartemen memperkenalkan konsep ruang yang privat.

Kereta kompartemen resmi beroperasi sejak 10 Oktober 2023, sebagai bagian dari inovasi layanan terbaru yang diluncurkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih istimewa.

Dengan berbagai fasilitas lengkap, termasuk penghangat kursi dan fitur pijat yang bisa diatur melalui tombol pada masing-masing kursi, pengalaman perjalanan menjadi lebih nyaman dan berkesan.

Kereta api kompartemen

Kereta kompartemen atau kereta suite class compartment adalah jenis kereta api yang dirancang dengan kompartemen individual untuk meningkatkan kenyamanan dan privasi setiap penumpang.

Kereta kompartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kursi dan fitur pijat yang dapat diatur serta ruang penyimpanan bergantung kepada kelas dan jenis kompartemen yang dipilih.

Jika Anda merencanakan perjalanan yang panjang, mempertimbangkan opsi kereta kompartemen bisa menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan kualitas perjalanan Anda.

Saat ini kereta kompartemen atau suite class compartment oleh PT Kereta Api Indonesia, hanya beroperasi di dua rute, yaitu:

• Gambir - Surabaya Gubeng PP dengan KA Bima
• Gambir - Surabaya Gubeng PP dengan KA Argo Semeru

Kelebihan kereta api kompartemen

1. Meningkatkan privasi dan keamanan

Dengan adanya dinding pemisah dan pintu yang dapat dikunci, penumpang mendapatkan peningkatan privasi dan keamanan selama perjalanan, yang sangat membantu untuk perjalanan jauh atau pada malam hari.

2. Meningkatkan kenyamanan dalam perjalanan

Kursi pada kereta itu memiliki fitur pijat dan dapat direbahkan hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi untuk kasur tidur. Tidak hanya itu kursi dapat diputar sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

Setiap kompartemen dilengkapi dengan selimut, bantal, dan dua handuk wajah.

3. Mendapatkan pelayanan khusus

Setiap kompartemen didampingi oleh petugas khusus yang siap memenuhi kebutuhan penumpang, memastikan bahwa semua aspek perjalanan berlangsung dengan lancar dan nyaman. Selama perjalanan, penumpang dilayani untuk mendapatkan hidangan makanan lengkap, termasuk makanan pembuka, hidangan utama, dan penutup.

4. Hiburan

Untuk mengisi waktu luang agar tidak bosan, penumpang diberikan fasilitas train onboard infotainment system berupa tablet berukuran 10 inci, yang berisi berbagai program hiburan untuk dinikmati secara pribadil, diantaranya siaran TV, film, musik, informasi cuaca, dan navigasi.

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024