Kabupaten Bandung (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto meninjau lokasi pengungsian korban bencana gempa bumi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis.

Dalam kunjungannya ke posko pengungsian di Desa Cibeureum, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Suharyanto langsung melakukan dialog dengan para korban yang berada di tenda pengungsian.

"Hari ini saya diutus langsung oleh Presiden Joko Widodo untuk melihat kondisi pengungsi warga Kabupaten Bandung yang saat ini mengungsi karena gempa bumi dan semuanya berjalan dengan baik," katanya.

Suharyanto mengatakan kehadirannya untuk memastikan penanganan para korban bencana gempa bumi yang tinggal di tenda pengungsian, karena rumah mereka mengalami kerusakan sehingga berbahaya untuk ditempati.

“Saat ini Pemkab Bandung telah menetapkan tanggap darurat, kita ingin memastikan bahwa kebutuhan masyarakat terdampak saat tanggap darurat terjamin," ujarnya.

Baca juga: BNPB beri dukungan DSP Rp300 juta tangani gempa di Kabupaten Bandung

Pada kesempatan tersebut, Kepala BNPB juga menyerahkan dukungan berupa Dana Siap Pakai (DSP) senilai Rp300 juta kepada Pemerintah Kabupaten Bandung saat masa tanggap darurat selama dua pekan.

“Pada tahap awal ini sebesar Rp300 juta untuk digunakan selama masa tanggap darurat. Tentu saja kalau ada kekurangan nanti akan ditambah,” kata dia.

Selain DSP, BNPB juga memberikan dukungan logistik dan peralatan penunjang penanganan darurat bencana berupa tenda pengungsi, tenda keluarga, paket sembako, hygiene kit, matras, selimut, terpal, velbed, light tower, makanan siap saji, pakaian dewasa dan anak, genset, alat kebersihan, air mineral, biskuit bayi dan balita, popok bayi, dan pembalut wanita.

Baca juga: Kepala BNPB pimpin langsung penyaluran bantuan pengungsi gempa Bandung

Suharyanto memastikan penanganan pascagempa berkekuatan 5.0 magnitudo di Kabupaten Bandung berjalan efektif dengan memprioritaskan keselamatan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan dasar bagi warga terdampak.

“Kalau kita lihat semuanya sudah berjalan ya, poskonya sudah berjalan, dapur umumnya sudah berjalan,” kata dia.

Usai rangkaian kegiatan di Kabupaten Bandung, Kepala BNPB akan bergeser ke Kantor Bupati Garut untuk melaksanakan hal serupa, yakni memberikan arahan terkait upaya percepatan penanganan darurat kepada Pemerintah Kabupaten Garut.

Baca juga: BNPB: Gempa bumi Bandung dipicu oleh sesar yang belum terpetakan

Setelah itu, Kepala BNPB juga akan mengunjungi lokasi terdampak gempa bumi di Desa Banjarsari, Kecamatan Samarang, dilanjutkan menyapa para warga di lokasi pengungsian.

Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024