Kami diberi nasihat tentang kepemimpinan
Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub dan cawagub) Provinsi DKI Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) bersilaturahmi ke kediaman mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

”Kami diberi nasihat tentang kepemimpinan. Beliau bilang pemimpin harus sabar karena diberi amanah mengurusi mayoritas masyarakat yang paling bawah,” kata Ridwan dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Bawaslu: Narasi coblos tiga pasangan calon tidak dapat dibenarkan

Menurut Ridwan yang akrab disapa Kang Emil itu, SBY punya perhatian lebih terhadap persoalan klasik di Jakarta. Salah satunya adalah mengatasi kekumuhan.

Kepada pasangan RIDO, SBY meminta agar mereka memprioritaskan penghijauan Jakarta. Bahkan, SBY menyampaikan keinginannya untuk membuka pelatihan kerja  (workshop) melukis untuk anak-anak Jakarta.

Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 itu menyampaikan  SBY mendoakan pasangan RIDO. Presiden keenam Indonesia tersebut berjanji akan terus berinteraksi secara intens dengan Ridwan Kamil dan Suswono untuk memberi sumbangsih kepada masyarakat Jakarta.

Baca juga: KPU Jakpus buka rekrutmen 1.539 petugas KPPS untuk Pilkada DKI 2024

”Pak SBY berjanji kalau nanti kami terpilih, ingin terus berinteraksi dengan kami. Misalkan bikin workshop melukis untuk anak-anak Jakarta. Hal-hal kecil beliau ternyata antusias dan senang,” kata Ridwan.

Melalui pertemuan tersebut, SBY juga tidak lupa menyampaikan rasa senang dan bahagia karena bisa kembali bertemu dengan Suswono. Politisi senior PKS itu merupakan salah seorang menteri yang awet dan setia membantu SBY.

Tidak hanya itu, SBY juga mengapresiasi kiprah dan pengalaman Ridwan Kamil selama bertugas sebagai Wali Kota Bandung dan Gubernur Jawa Barat.

Baca juga: KPU DKI Jakarta ajak masyarakat tak lakukan golput

Sebagai pribadi, Ridwan Kamil mengungkapkan dia sangat senang dan bergembira bertemu dengan SBY. Selain tokoh bangsa yang jasa-jasanya luar biasa besar bagi Indonesia, SBY juga memberi perhatian lebih kepada keluarganya.

”Perasaan saya campur-campur. Gembira, betul. Ada terharu, karena beliau mendoakan almarhum anak saya Eril. Bahkan Beliau membacakan puisi tentang teratai karena Eril kan dijadikan nama teratai di Tiongkok,” kata Ridwan.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024