Jakarta (ANTARA) -
Bank Indonesia (BI) kembali meraih penghargaan sebagai bank sentral terbaik, Best Central Bank of The Year pada Global Islamic Finance Award (GIFA) ke-14 tahun 2024, yang diselenggarakan di Maladewa pada Selasa (17/9), setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan serupa pada 2018 dan 2022.
 
"Pencapaian ini merupakan bukti nyata dari komitmen Bank Indonesia dalam mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di tanah air," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis.
 
Perry menuturkan sinergi dengan para pemangku kepentingan sangat berperan penting dalam pengembangan berbagai inisiatif strategis di sektor keuangan syariah, baik di tingkat domestik maupun global, guna memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia.

"Penghargaan ini turut memperkuat optimisme untuk mencapai cita-cita Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia," ujarnya.
 
GIFA merupakan penghargaan berskala global yang diselenggarakan oleh Edbiz Corporation, lembaga riset internasional yang memberikan penghargaan kepada individu, perusahaan maupun badan pemerintahan atas kontribusi signifikan dalam kemajuan ekonomi dan keuangan syariah.
 
Penghargaan diberikan kepada lembaga/individu yang memenuhi tiga kriteria utama, yakni menjadi pelopor dalam mengembangkan gagasan, inovasi, atau kebijakan keuangan syariah, menerapkan program, kebijakan, atau proyek berskala internasional atau mengikuti standar global, serta mengembangkan produk dan layanan berkualitas dan memperoleh pengakuan luas.
 
Sementara itu, Ketua GIFA Humayon Dar menuturkan Bank Indonesia dinilai memberikan kontribusi signifikan sebagai katalis pengembangan ekonomi dan keuangan syariah internasional. Di dalam negeri, Bank Indonesia fokus pada pengembangan ekonomi dan keuangan syariah terutama pada ekosistem halal value chain, keuangan syariah, dan penerapan halal lifestyle.
 
Pada ranah global, Bank Indonesia berperan serta memegang keketuaan fora kerja sama syariah yaitu Gubernur Bank Indonesia ditetapkan sebagai Ketua The Islamic Financial Services Board (IFSB) Executive Committee dan Ketua The International Islamic Liquidity Management (IILM) Governing Board.
 
Ke depan, BI berkomitmen untuk melanjutkan kordinasi dan sinergi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dengan para pemangku kepentingan, diantaranya Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) serta lembaga terkait, baik di domestik maupun internasional.
​​​​​

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024