Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) resmi menyetujui naturalisasi dua pesepak bola keturunan Indonesia berpaspor Belanda, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers, dalam Rapat Paripurna Ke-7 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2024-2025, Kamis.

"Kami meminta persetujuan kepada rapat paripurna hari ini, apakah permohonan pemberian pertimbangan kewarganegaraan Republik Indonesia atas nama saudara Eliano Johannes Reijnders dan Mees Victor Joseph Hilgers dapat disetujui?," ujar pemimpin rapat paripurna Wakil Ketua DPR RI H Lodewijk F Paulus Kompleks Parlemen RI di Jakarta, Kamis.

Begitu mendengar pertanyaan Lodewijk Paulus, seluruh peserta rapat mengatakan "setuju" dan respons tersebut dijadikan keputusan DPR RI.

"Terima kasih. Selanjutnya persoalan tersebut akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku," kata Lodewijk.

Sebelum menanyakan soal persetujuan, purnawirawan TNI AD berpangkat akhir Letnan Jenderal TNI itu juga menyampaikan bahwa pewarganegaraan kedua pesepak bola itu sudah disepakati pula oleh Komisi III dan X DPR RI.

Dengan demikian, pewarganegaraan Eliano dan Mees tinggal menunggu terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) dari Presiden Joko Widodo.

Ketika Keppres sudah terbit, Eliano dan Mees harus mengucapkan sumpah setia sebagai warga negara Indonesia.

Baca juga: Kemenkumham dukung timnas Indonesia lewat naturalisasi

Terkait hal itu, Ketua Umum PSSI Erick Thohir memastikan bahwa pengucapan sumpah tersebut akan dilakukan di Belanda agar kedua pesepak bola tersebut dapat segera didaftarkan dan memperkuat tim nasional Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

PSSI ingin Eliano dan Mees dapat merumput bersama timnas Indonesia pada pertandingan Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia melawan tuan rumah Bahrain dan China masing-masing pada 10 dan 15 Oktober 2024.

Eliano Reijnders adalah pemain klub Liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle, dengan posisi bek kanan atau kiri. Dia merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan timnas Belanda Tijjani Reinders.

Eliano termasuk keturunan Indonesia karena sang ibu, Syane Lekatompessy, bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Sementara Mees Hilgers, juga berumur 23 tahun, adalah bek tengah klub Eredivisie FC Twente. Sama seperti Eliano, Mees Hilgers juga memiliki ibu dari Indonesia, tepatnya dari Sulawesi Utara.

Baca juga: Komisi III DPR setujui naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024