semangat gotong royong yang terus mengalir telah menjadi landasan untuk membangun bangsa
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono berpesan tentang semangat gotong royong masyarakat dalam membangun Jakarta menjadi lebih baik pada peringatan Rapat Raksasa Ikada ke-79 di Monas.

Pesan Heru tersebut disampaikan Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi DKI Jakarta Sigit Wijatmoko yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup)  upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-79 di lapangan Silang Selatan Monas, Jakarta Pusat,  Kamis.

Baca juga: DKI dan BPS berkolaborasi petakan potensi Rukun Warga

"Kita memperingati perjuangan dan keteguhan rakyat Indonesia dalam menyuarakan tekadnya kepada Pemerintah Republik Indonesia untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan," kata Sigit.

Sigit juga menyatakan semangat gotong royong yang terus mengalir telah menjadi landasan untuk membangun bangsa. Peristiwa ini pun menjadi bukti bahwa sejak awal kemerdekaan, Jakarta berperan penting dalam berbagai pergerakan dan perjuangan bangsa.

Baca juga: DKI ikutsertakan enam UKM binaan di MIHAS 2024 untuk tingkatkan ekspor

“Peran ini pun berkembang hingga menjadikan Jakarta sebagai Ibu Kota Negara, pusat pemerintahan, serta episentrum pertumbuhan ekonomi Indonesia," kata Sigit.

Ketika Undang-undang Nomor 2 Tahun 2024 tentang Daerah Khusus Jakarta disahkan, Sigit melanjutkan, Jakarta akan melepaskan statusnya sebagai Ibu Kota Negara dan bersiap menjalani peran baru menjadi pusat perekonomian nasional dan kota global.

Oleh sebab itu, sinergi dan dukungan dari berbagai elemen masyarakat dibutuhkan untuk mewujudkannya.

Ia juga mengatakan peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-79 menjadi momentum bagi semua ASN untuk terus menguatkan tekad dan semangat gotong royong dalam mengoptimalkan segala potensi Kota Jakarta. Sehingga, Jakarta mampu bersaing dengan kota-kota maju lainnya di dunia.

Baca juga: BPS DKI: Butuh kolaborasi pentahelix agar literasi statistik terbangun

"Ke depan, arah pengembangan Jakarta menuju kota global berfokus pada perwujudan Jakarta sebagai pusat ekonomi Asia Tenggara; pengembangan sumber daya manusia unggul, produktif, dan sejahtera; serta penurunan emisi gas rumah kaca menuju emisi nol bersih atau net zero emission tahun 2050," kata Sigit.

Ia berpesan agar para ASN memegang peran strategis dalam menghadirkan solusi inovatif untuk menghadapi berbagai tantangan di masa depan. Komitmen, kompetensi, integritas dan profesionalisme juga harus ditingkatkan dalam membangun Jakarta untuk terus melaju, berkontribusi mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara maju dan sejahtera.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024