Kami akan berada di sana selama tiga hari dan berkoordinasi dengan Kedubes RI di Amman...
Jakarta (ANTARA) - Lembaga pengelola zakat berbasis organisasi kemasyarakatan Islam yang tergabung dalam Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ), resmi memberangkatkan Tim Kemanusiaan untuk Palestina menuju Amman, Yordania, melalui Bandara Sokarno-Hatta (Soetta) pada Rabu (18/9).

Berbagai persiapan dalam program ini juga sudah dimatangkan, karena banyak melibatkan badan amal seperti LazisNU, LazisMu, LAZ Persis, Laznas Dewan Da’wah, Baitul Maal Hidayatullah, Wahdah Inspirasi Zakat, dan Laznas Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

“Kami akan berada di sana selama tiga hari dan berkoordinasi dengan Kedubes RI di Amman, yang selanjutnya melibatkan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Yordania untuk berkoordinasi agar bantuan untuk warga Palestina berjalan lancar,” kata Ketua Badan Pengurus LazisMu Pusat, Ahmad Imam Mujadid Rais melalui keterangan resminya, Kamis.

Dalam misi kemanusiaan ini, POROZ fokus pada koordinasi logistik, alokasi dana, dan langkah-langkah implementasi untuk memastikan bantuan dapat tersalurkan dengan tepat sasaran dan efisien.

Baca juga: PMI kirimkan 500 unit tenda pengungsian ke perbatasan Gaza Palestina

Hal tersebut sesuai dengan agenda pertemuan yang dilakukan bersama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI yang dilaksanakan pada Selasa, 17 September 2024, yang lalu.

Sebelumnya LazisMu juga telah melakukan kolaborasi dengan banyak pihak, salah satunya MuhammadiyaAid, MDMC, FOZ, dan mitra kemanusiaan luar negeri lainnya, dalam merespons bencana kemanusiaan di Palestina.

Tim Delegasi POROZ untuk Bantuan Kemanusiaan Solidaritas Palestina dalam bingkai Joint Action For Palestina berupaya menyampaikan amanah dari para donatur di Indonesia.

Nantinya para delegasi yang diutus untuk berangkat ke Palestina melalui Yordania itu bakal mengirimkan bantuan untuk saudara-saudara di Palestina, yang terdiri dari gandum dan hygene kit sebanyak 12 kontainer.

Baca juga: Baznas: Butuh dorongan politik agar bantuan ke Palestina tersalurkan

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024