"Personel polisi militer dalam menjalankan tugas melaksanakan dengan humanis namun tegas,"
Jakarta (ANTARA) - Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen TNI Yusri Nuryanto mengingatkan jajarannya untuk bekerja secara humanis saat melaksanakan tugas Pengawalan Pengendalian Lalulintas dan Parkir (Waldallakir) di HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat.

"Personel polisi militer dalam menjalankan tugas melaksanakan dengan humanis namun tegas," kata Yusri saat apel gelar pasukan gabungan di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Menurut Yusri, sikap humanis harus dimiliki seluruh petugas lantaran mereka akan melayani masyarakat yang ingin menonton rangkaian kegiatan HUT TNI di Monas Jakarta Pusat.

Rangkaian kegiatan itu akan dimulai dari Jumat (20/9) malam yakni pentas seni wayang, pameran alat utama sistem senjata pada Sabtu (21/9) dan Panglima Run yang digelar di sepanjang jalur Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (22/9).

Belum lagi kegiatan puncak HUT Ke-79 TNI yang juga akan digelar di Monas, Jakarta Pusat pada 5 Oktober 2024 mendatang.

Karenanya, Yusri mengingatkan petugasnya untuk bertugas menjaga lokasi kantong parkir yang telah ditentukan guna mengawasi kendaraan warga.

"Pengaturan parkir pada kantong kantong parkir yang sudah disiapkan sehingga personel polisi militer di lapangan bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan direncanakan," kata Yusri.

Yusri juga mengingatkan petugasnya untuk tidak meninggalkan pos penjagaan kantong parkir hingga kegiatan selesai.

Selain itu, dia juga meminta seluruh anak buahnya untuk berkoordinasi dengan petugas Polri, Dishub dan Satpol PP saat melakukan penjagaan di lapangan.

Koordinasi itu harus dilakukan agar seluruh pihak bisa melakukan penjagaan secara maksimal selama jalannya kegiatan HUT TNI ke-79.

"Pastikan alat komunikasi mendukung dan dapat terhubung pada semua koordinator dan sub koordinator baik lalin maupun kantong parkir," kata Yusri.

Yusri berharap dengan adanya koordinasi yang kuat dan sistem kerja yang humanis, masyarakat bisa merasa aman dan nyaman saat datang menyaksikan perayaan HUT ke-79 TNI.

Untuk diketahui, apel hari ini dihadiri oleh beragam perwakilan satuan diantaranya POM Angkatan Darat, POM Angkatan Laut, Pom Angkatan Udara, Sabhara dan Brimob Polda Metro Jaya, Polantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta hingga Satpol PP DKI.

Yusri menjelaskan total personel gabungan yang akan menjaga jalannya kegiatan perayaan HUT TNI sebanyak 1.000 orang.

Pewarta: Walda Marison
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024