Jakarta (ANTARA) - Sering kali rencana perjalanan keluar kota yang sudah dipersiapkan harus berubah karena berbagai alasan, dan hal ini termasuk pembatalan tiket kereta api.

Untungnya bagi penumpang yang sudah membeli tiket, terdapat prosedur pembatalan dan refund (pengembalian dana) yang bisa dilakukan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai pembatalan dan refund tiket KAI:

1. Batas waktu pembatalan

Anda bisa membatalkan tiket kereta api maksimal 30 menit sebelum waktu keberangkatan kereta. Jika pembatalan dilakukan setelah waktu keberangkatan, maka refund tidak bisa dilakukan dan tiket dianggap hangus.

2. Jumlah refund

Jumlah refund yang akan Anda terima adalah sebesar 75% dari harga tiket. Dana refund ini akan dikirimkan ke rekening yang Anda gunakan atau bisa diambil langsung di stasiun, namun perlu menunggu minimal 30 x 24 jam setelah pengajuan pembatalan.

3. Penggantian jadwal perjalanan

Jika Anda memilih untuk mengganti jadwal keberangkatan, pastikan untuk mengecek ketersediaan jadwal baru. Jika harga tiket baru lebih rendah dari tiket sebelumnya, maka Anda tidak akan mendapatkan refund atas selisihnya.

Namun, jika tiket baru harganya lebih mahal, maka Anda perlu menambah selisih biaya tiket. Perubahan jadwal ini harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan.

4. Syarat pembatalan tiket

Untuk melakukan pembatalan, siapkan kode booking, identitas asli, dan fotokopi identitas. Jika proses pembatalan dilakukan oleh orang lain, Anda harus menyertakan surat kuasa yang ditandatangani di atas materai.

5. Proses refund

Refund dari pembatalan tiket dapat diterima melalui transfer bank atau diambil secara tunai di stasiun. Jika dalam waktu 45 hari dana refund belum diterima, segera hubungi CS KAI Pusat di nomor 121 (021 121) untuk mendapatkan bantuan.

6. Batas pengambilan refund

Jika dana refund tidak diambil dalam kurun waktu 3 tahun setelah pembatalan, dana tersebut akan dianggap menjadi milik PT KAI.

Cara pembatalan tiket kereta

1. Datangi stasiun

Anda harus mendatangi stasiun pembatalan tiket kereta api. Setiap proses pembatalan tiket kereta api dan cara refund tiket kereta api, semuanya hanya bisa dilakukan secara langsung lewat PT KAI.

2. Isi formulir

Datangi customer service di stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api terdekat. Customer service akan memberikan formulir pembatalan tiket dan mengarahkan Anda ke loket khusus untuk pengajuan pembatalan. Pastikan untuk bertanya agar semua syarat pembatalan tiket Anda lengkap.

Isi formulir pembatalan tiket yang terdiri dari dua bagian: data tiket dan data penumpang. Formulir ini harus diisi dengan lengkap sebagai syarat untuk proses pembatalan tiket.

3. Refund tiket

Jika Anda memilih untuk merefund tiket kereta dengan cara ditransfer ke rekening, maka dana refund akan ditransfer 30 hari setelah pembatalan tiket (30×24 jam).

Bila Anda memilih pengembalian tiket kereta secara tunai, Anda dapat mengambil di stasiun yang telah ditentukan dengan membawa formulir yang telah divalidasi dan membawa bukti identitas. Dana refund yang diterima akan dikurangi 25%, jadi pengembalian senilai 75% dari harga tiket (di luar admin pembelian).

Baca juga: Cara bayar tiket kereta api melalui mobile banking

Baca juga: Cara cetak boarding pass kereta api dengan mesin CTM

Baca juga: KCIC diskon tiket hingga 17 persen di 17 Agustus

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024