Jakarta (ANTARA) - TNI menggandeng jajaran Polri, Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta untuk mengamankan jalannya kegiatan HUT ke-79 TNI yang digelar di Monas, Jakarta Pusat pada 21 ,22 September 2024 dan 5 Oktober 2024.

"Personel yang hampir 1.000 jadi memang kita tidak dari POM TNI saja tapi gabungan dari Polda Metro kemudian dari Dishub DKI kemudian Satpol PP maupun dari Pamdal di lapangan Monas," kata Komandan Pusat Polisi Militer (Danpuspom) TNI Mayjen TNI Yusri Nuryanto usai melakukan apel kesiapan pasukan di lapangan gedung B Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Yusri pun sempat memeriksa kesiapan para pasukan dari berbagai matra ketika apel. Dia sempat memeriksa kelengkapan personel dan kendaraan milik POM Angkatan Darat, POM Angkatan Laut, Pom Angkatan Udara, Sabhara dan Brimob Polda Metro Jaya, Polantas Polda Metro Jaya, Dinas Perhubungan DKI Jakarta hingga Satpol PP DKI.

Berdasarkan pemantauan itu, Yusri menilai kesiapan para petugas gabungan sudah memadai dan layak untuk dikerahkan menjaga jalannya kegiatan HUT TNI.

Yusri menjelaskan, nantinya pihaknya akan menjaga rangkaian kegiatan HUT TNI diantaranya pentas Wayang pada Jumat (20/9) malam.

"Kemudian tanggal 21 nya juga akan dilaksanakan pembukaan Matra Fair. Di mana di situ akan digelar alutsista dari masing-masing Matra. Semuanya kegiatannya di Monas," kata Yusri.

Selanjutnya pihaknya akan menjaga kegiatan Panglima Run pada Minggu (22/9) pagi. Yusri mengatakan jalur yang akan dipakai pada kegiatan Panglima Run sesuai dengan jalur Car Free Day di sepanjang Bundaran HI dan Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat.

Karenanya, Yusri tidak akan mengatur pengalihan arus lalulintas secara khusus untuk kegiatan Panglima Run tersebut.

"Batas Car Free Day kan sampai jam 10 pagi ya tapi saya yakin kegiatan ini ga sampai jam 10 sehingga tidak akan banyak mengagnggu," kata dia.

Terakhir yakni kegiatan Upacara HUT TNI yang akan digelar pada 5 Oktober 2024 yang akan dilanjutkan dengan parade alat utama sistem senjata.

Yusri memastikan para petugas keamanan akan ditempatkan di beberapa titik dan kantong parkir guna menuntun masyarakat umum yang ingin menonton rangkaian upacara HUT TNI.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh petugas POM TNI untuk bertugas secara humanis dan ramah kepada masyarakat di lapangan.

Yusri yakin dengan kolaborasi yang baik antara POM TNI dan seluruh instansi, pengamanan kegiatan HUT TNI di Monas akan berjalan dengan maksimal.

Baca juga: HUT Ke-79 TNI AL, KSAL: Kita harus bisa bertempur di luar wilayah RI

Baca juga: Rayakan HUT-79, TNI AL gelar simulasi operasi militer di teluk Jakarta

Pewarta: Walda Marison
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024