Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita politik terpopuler kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengawali pagi Anda.

Jokowi sebut kepindahan IKN bukan hanya tanda tangan tapi kesiapan

Presiden RI Joko Widodo menyebutkan bahwa kepindahan ibu kota dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara Kalimantan Timur bukan hanya sekadar ditandatanganinya Keputusan Presiden (Keppres), tetapi kesiapan di IKN itu sendiri.

"Kita melihat itu kesiapan betul-betul ya. Di sana harus betul-betul siap, betul. Kalau Cuma hanya tanda tangan, tanda tangan gampang. Satu detik ya tanda tangan. Tapi kesiapan IKN itu sendiri, kalau yang namanya sudah ditandatangani, pindah," kata Presiden Jokowi usai meresmikan Pembukaan 10TH Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024 di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Ketua MPR: Indonesia tidak terikat ideologi asing negara adikuasa

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Bambang Soesatyo mengatakan penerapan politik luar negeri Indonesia, yakni bebas aktif, mengakibatkan Indonesia tidak terikat satu ideologi atau politik negara tertentu, termasuk negara adikuasa.

"Bebas berarti tidak terikat oleh satu ideologi atau oleh satu politik negara asing atau blok negara tertentu atau negara adikuasa," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, di Jakarta, Rabu.

Mengenai makna aktif, Bamsoet mengatakan bahwa Indonesia berperan secara aktif dalam mengembangkan kerja sama internasional dengan menghormati negara lain.

Selengkapnya klik di sini.

Pakar keamanan siber ingatkan batas waktu pembentukan Komisi PDP

Pakar keamanan siber Dr. Pratama Persadha mengingatkan kepada Pemerintah mengenai pembentukan lembaga atau Komisi Penyelenggara Pelindungan Data Pribadi (PDP) sampai batas waktu 17 Oktober 2024.

Pada bulan depan, kata Pratama, tepatnya pada tanggal 18 Oktober 2024 akan menjadi hari pertama Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Pelindungan Data Pribadi (UU PDP) mulai berlaku setelah ditetapkan dan disahkan pada tanggal 17 Oktober 2022.

"Undang-undang ini telah memberikan waktu selama 2 tahun untuk pengendali data pribadi serta prosesor data pribadi dan pihak lain yang terkait dengan pemrosesan data pribadi untuk melakukan penyesuaian," kata Pratama ketika dikonfirmasi secara daring dari Semarang, Rabu malam.

Selengkapnya klik di sini.

Megawati ziarah ke makam korban pengepungan Leningrad di Rusia

Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri berziarah ke pemakaman massa korban pengepungan Leningrad di Piskaryovskoye Memorial Cemetery, St Petersburg, Rusia, Rabu.

Dia disambut oleh pejabat dari Departemen Hubungan Organisasi Internasional Komite Hubungan Eksternal St. Petersburg Dmitry Krutoy.

Megawati memberi penghormatan dengan meletakkan karangan bunga dan mendoakan para korban peristiwa yang terjadi pada era perang dunia kedua itu.

Selengkapnya klik di sini.

Prabowo tegaskan janji perjuangkan hak dan kesejahteraan buruh

Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam rekaman video yang disiarkan pada acara peringatan tiga tahun Partai Buruh di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, menegaskan janjinya memperjuangkan hak dan kesejahteraan kelompok buruh.

Dia menyebut komitmennya memperjuangkan itu telah lama dilakukan dirinya bersama kelompok buruh.

“Saya sudah lama berjuang bersama saudara-saudara, bersama kaum buruh di seluruh Indonesia, memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan kaum buruh, kaum tani, kaum nelayan, seluruh rakyat Indonesia, terutama kalangan-kalangan yang masih belum menikmati sepenuhnya kesejahteraan sebagai warga negara, negara yang merdeka,” kata Prabowo dalam rekaman videonya itu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024