Makin meningkatkan kualitas industri dalam negeri sehingga Indonesia akan mampu menghadapi tantangan global.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menyambut baik kehadiran Pipa KRAH sebagai inovasi untuk solusi perpipaan ramah lingkungan dan ekonomis di Indonesia.

"Kami sangat mengapresiasi kepada Vinilon Group yang telah menghadirkan Pipa KRAH sebagai inovasi untuk solusi perpipaan yang ramah lingkungan dan ekonomis yang tentunya ini merupakan suatu semangat kita bersama-sama," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasubdit Perencanaan Teknis Direktorat Air Minum Ditjen Cipta Karya Dades Prinandes di Jakarta, Rabu.

Air berperan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi dan juga air perlu dijaga sebagai penopang kelestarian ekosistem. Ketahanan air merupakan prasyarat yang harus dipenuhi untuk menuju Indonesia yang lebih berdaulat, maju, adil, dan makmur sebagaimana yang dicita-citakan melalui visi Indonesia Emas 2045.

Produk pipa ini diharapkan menjadi alternatif pilihan dan berkontribusi dalam pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) maupun sistem pengelolaan air limbah domestik di Tanah Air, terlebih lagi Pipa KRAH ini diproduksi dalam negeri sehingga meningkatkan nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Kementerian PUPR meyakini hal ini akan makin meningkatkan kualitas industri dalam negeri sehingga Indonesia akan mampu menghadapi tantangan global.

Sebagai upaya mewujudkan visi Indonesia Maju, Kementerian PUPR konsisten memberikan apresiasi terhadap penggunaan produk dalam negeri yang berkualitas. Dukungan terhadap Pipa KRAH produksi Vinilon Group merupakan salah satu bentuk nyata dari komitmen pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri dalam negeri dan memperkuat daya saing produk nasional di kancah global.

Baca juga: Kementerian PUPR rampungkan pembangunan tujuh pos lintas batas negara
Baca juga: PUPR: Kementerian Perumahan dapat lebih fokus atasi backlog perumahan


Vinilon Group, perusahaan terkemuka di bidang solusi perpipaan, dengan bangga mengumumkan peluncuran perdana Pipa Vinilon KRAH di ajang Indo Water Expo & Forum' 2024 yang digelar 18-20 September di JlExpo Kemayoran Jakarta. Sebagai satu-satunya produsen Pipa KRAH berlisensi di Indonesia, Vinilon Group menghadirkan solusi yang efektif dan ramah lingkungan untuk mengatasi berbagai tantangan dalam pengelolaan air.

“Kami sangat antusias memperkenalkan Pipa Vinilon KRAH berdiameter hingga 3000mm sebagai solusi inovatif untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia. Dengan kualitas dunia dan kapasitas produksi yang besar, kami yakin Pipa Vinilon KRAH akan menjadi pilihan utama bagi para kontraktor, konsultan, dan pemerintah dalam mewujudkan proyek-proyek infrastruktur di Indonesia yang lebih ramah lingkungan,” ujar Project Sales Director Vinilon Group Edwardus Pryadi Halim.

Pipa Vinilon KRAH mempunyai lisensi dari KRAH GmbH Jerman yang memenuhi uji kualitas sesuai standar internasional DIN16961, EN13476, ASTM F894, dan ISO9969. Pipa ini memiliki dinding berstruktur yang memberikan kekuatan dan daya tahan ekstra, serta mempunyai daya tahan hingga 100 tahun. Sistem perpipaan Vinilon KRAH merupakan solusi jangka panjang pipa yang ramah lingkungan, kuat dan ekonomis untuk aplikasi yang luas, seperti sistem saluran pembuangan, drainase, pengelolaan air hujan, dan irigasi.

Sejalan dengan komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur yang lebih baik, Vinilon Group berupaya aktif berkontribusi melalui inovasi produknya. Lewat peluncuran Pipa Vinilon KRAH, Vinilon Group semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri perpipaan di Indonesia.

Pipa Vinilon KRAH akan diproduksi oleh Vinilon Group dengan diameter hingga 3.000 milimeter di pabrik Cileungsi Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada bulan Oktober 2024. Pipa Vinilon KRAH menawarkan sejumlah keunggulan signifikan. Teknologi pipa ini menawarkan solusi yang lebih efisien untuk proyek pembangunan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024