Kita tunggu kalau memang Cak Imin menganggap bahwa posisi anak muda ini pada kepemimpinan PKB itu penting.
Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Prof. Asrinaldi menilai langkah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadikan anak muda menjadi Ketua Harian Dewan Pengurus Pusat PKB sebagai bentuk kepedulian terhadap gen Z.

"Langkah-langkah strategis seperti ini menunjukkan bahwa Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sangat peduli dengan gen Z menurut saya, milenial dan gen Z yang memang jumlahnya cukup besar di Indonesia," kata Prof. Asrinaldi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Rabu.

Selain itu, dia mengatakan bahwa langkah tersebut sebagai upaya PKB mengader tokoh muda di internal untuk siap mengambil transisi kepemimpinan partai.

"Tentu harus ada upaya kaderisasi yang konkret, terutama di partai politik, karena salah satu fungsi partai politik itu ya kaderisasi kepemimpinan, terutama dalam konteks kepimpinan di partai yang bisa direfleksikan nanti ke pimpinan pemerintahan, ke pimpinan di tingkat nasional," ujarnya.

Prof. Asrinaldi mengemukakan bahwa langkah DPP PKB itu membuat anak muda dari generasi milenial dan Z untuk berpikir mempunyai ruang dan kesempatan berpolitik praktis.

"Mereka dengan cara mereka sendiri ya tentunya berusaha untuk bisa masuk juga dalam dunia politik, dan harus dipersiapkan dengan matang oleh PKB. Itu yang saya lihat dalam pesannya," katanya.

Walaupun demikian, dia mengingatkan agar anak yang muda yang menjadi ketua harian tersebut tidak menjadi gimik saja.

"Kita tunggu kalau memang Cak Imin menganggap bahwa posisi anak muda ini pada kepemimpinan PKB itu penting, terutama aspek ketua harian ini, mereka melakukan tanggung jawab yang bisa dilihat oleh masyarakat," ujarnya.

Bila hal tersebut tidak sebatas gimik, menurut dia, dapat menjadi model bagi partai politik yang lain untuk mengedepankan anak-anak muda memimpin negara.

Baca juga: Soal ketua harian, Jazilul: PKB ingin beri anak muda kewenangan tinggi
Baca juga: Cak Imin sebut PKB sama sekali tak pernah terpikir soal kabinet


Sebelumnya, Cak Imin mengumumkan susunan Ketua Harian PKB masa bakti 2024–2029 melengkapi susunan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB yang telah diumumkan sebelumnya.

Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa Ketua Harian PKB berfungsi langsung untuk mengambil tanggung jawab pengorganisasian dan implementasi program partai mewakili ketua umum.

Ketua Harian PKB adalah Ais Shafiyah Asfar, didampingi enam orang wakil ketua harian, yakni Najmi Mumtaza, Riezal Ilham Pratama, Gielbran Muhammad Noor, Nadya Alfi Roihana, Muhammad Aji Pratama, dan Lukman Maulana.

Ketua Harian PKB dan jajaran wakil didominasi oleh kaum muda. Menurut Cak Imin, penunjukan ketua harian dan wakilnya ini penting bagi regenerasi partai.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024