Medan, Sumatera Utara (ANTARA) - Provinsi DKI Jakarta tampil sebagai juara umum cabang olahraga golf pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024 yang digelar pada 12-18 September 2024.

Anggota Bidang Kejuaraan dan Prestasi Persatuan Golf Indonesia (PGI) Dian Mariyun mengatakan Jakarta berhasil menjadi juara umum seusai menyabet tiga medali emas dan satu medali perak dalam empat nomor pertandingan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kontingen dari 23 provinsi yang telah mengikuti PON cabang olahraga golf selama tujuh hari berturut-turut sehingga pertandingan dapat berjalan sebagaimana mestinya," kata Dian di Medan, Sumatera Utara, Rabu.

DKI Jakarta meraih tiga medali emas pada nomor perorangan putra, beregu putra, dan beregu putri. Sementara, medali perak diraih tim golf Jakarta pada nomor perorangan putri.

Setelah DKI Jakarta, tuan rumah, Sumatera Utara (Sumut) berada pada peringkat kedua dengan perolehan dua medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu.

Dua medali emas diraih Sumut pada nomor pertandingan perorangan putri dan foursome mix (campuran), sedangkan tiga medali perak diraih pada nomor beregu putra, beregu putri, dan foursome putra. Untuk dua medali perunggu, dicapai Sumut melalui nomor perorangan putra dan foursome putra.

Selanjutnya pada posisi ketiga, ada tim dari Jawa Tengah (Jateng) yang mendapatkan masing-masing satu medali emas dan perak. Medali emas diraih Jateng pada nomor foursome putra, sedangkan medali perak diraih dari nomor foursome mix.

Pada posisi keempat, ada tim golf dari Bali yang meraih satu medali emas dari nomor foursome putri dan satu medali perunggu dari nomor perorangan putri.

Kemudian pada peringkat kelima, terdapat tim golf dari Jawa Barat (Jabar) yang berhasil mendapatkan satu medali perak dan dua medali perunggu. Medali perak diraih Jabar pada nomor foursome putri, sedangkan medali perunggu diraih pada nomor beregu putri dan foursome mix.

Terakhir pada peringkat keenam, terdapat provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang mendapatkan satu medali perak dari nomor perorangan putra dan dua medali perunggu dari nomor beregu putra dan foursome putri.

Cabang olahraga golf dalam perhelatan PON 2024 mempertandingkan tujuh nomor, yakni perorangan putra, perorangan putri, beregu putra, beregu putri, foursome putra, foursome putri, dan foursome mix. Adapun terdapat sebanyak 84 atlet golf dari 23 provinsi yang berpartisipasi pada ketujuh nomor tersebut.


Baca juga: Sumut raih emas kedua golf lewat nomor "foursome mix"
Baca juga: KONI DKI harap 3 medali emas di golf antar Jakarta juara umum PON 2024
Baca juga: KONI DKI harap 3 medali emas di golf antar Jakarta juara umum PON 2024

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024