Jika Forum RT sudah terbentuk, dana insentif akan langsung disalurkan tanpa melalui pemerintah kabupaten
Tarakan (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Zainal Arifin Paliwang mengimbau agar ketua RT di perbatasan wilayah Sebatik, Nunukan, segera membentuk Forum RT.

"Hal ini akan mempermudah birokrasi dalam penyaluran bantuan insentif kepada para ketua RT," kata Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang di Bulungan, Rabu.

Zainal mengatakan pentingnya Forum RT Sebatik untuk mempercepat komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Baca juga: Pemerintah kembangkan aspek ekonomi di 17 kecamatan perbatasan Nunukan

“Jika Forum RT sudah terbentuk, dana insentif akan langsung disalurkan tanpa melalui pemerintah kabupaten,” kata Gubernur Kaltara itu.

Gubernur juga menyebutkan bahwa insentif RT dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara untuk periode Juli hingga September senilai Rp1,5 juta telah dikirimkan. Ia mendorong ketua RT yang belum mencairkan dana tersebut untuk segera menindaklanjuti.

Baca juga: Bea Cukai-TNI di Nunukan sita dan musnahkan seratus lebih kaleng miras

Menurutnya, pembentukan Forum RT sudah diimplementasikan di beberapa daerah lain, seperti Tarakan dan Krayan, yang mempermudah penyaluran bantuan secara langsung.

“Dengan Forum RT, birokrasi menjadi lebih sederhana, sehingga bantuan dapat dimanfaatkan lebih cepat oleh ketua RT untuk kebutuhan operasional,” kata Gubernur Kaltara Zainal Paliwang.

Baca juga: Bupati Bogor naikkan insentif Ketua RT dan RW jadi Rp6 juta

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024