Jakarta (ANTARA) - TikTok Shop telah menjadi salah satu platform e-commerce yang cukup menjanjikan untuk berdagang karena memiliki jumlah pengguna yang luas dari berbagai kalangan usia.

Dengan pertumbuhan pesat dan popularitas nya, TikTok Shop merupakan peluang besar bagi Anda yang ingin memasarkan produk secara online. Tiktok shop juga bekerja sama dengan .Tokopedia sehingga secara tidak langsung layanan yang tersedia telah difasilitasi oleh perusahaan tersebut.

Untuk berjualan di TikTok Shop, Anda perlu mendaftar melalui aplikasi khusus bernama "TikTok Tokopedia Seller Center". Pendaftaran ini diperlukan untuk mendapatkan persetujuan dari Tokopedia sebelum Anda dapat mulai berjualan.

Persetujuan ini memungkinkan Anda untuk menggunakan TikTok Shop secara optimal dalam menjalankan usaha. Proses ini memerlukan pemenuhan persyaratan lengkap untuk membuka toko online di TikTok.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat berjualan atau buka usaha di TikTok Shop berikut ini cara pendaftarannya.

Cara daftar TikTok Shop untuk berjualan

1. Download aplikasi “Tiktok Tokopedia Seller Center” di play store (android) atau app store (iOS).

2. Setelah selesai download, buka aplikasinya dan Lakukan pendaftaran dengan akun yang sudah ada. Jika belum punya akun lakukan pendaftaran terlebih dahulu.

3. Apabila Anda login menggunakan akun TikTok yang sudah terdaftar, nantinya akan muncul tampilan pemberitahuan “Seller center ingin mengakses akun TikTok Anda” dan pilih yang Anda setujui dengan geser setiap poin ke sebelah kanan => klik “lanjutkan” pada bagian bawah.

4. Selanjutnya akan terdapat “Verifikasi Dokumen” dan pertanyaan mengenai preferensi toko Anda berupa “Apa jenis usaha Anda?” serta terdapat dua pilihan yaitu “Bisnis perorangan” atau Korporasi” => “masukkan nama toko” sesuai dengan keinginan Anda.

5. Lalu gulir ke bawah untuk verifikasi pemilik dan siapkan informasi pribadi seperti KTP atau paspor dengan ukuran file kurang dari 10 Mb dengan format JPG, PNG, JPEG atau PDF.

6. Kemudian isi bagian “informasi kontak tambahan” hanya dengan memasukkan “nomor HP” => kode verifikasi => email (sesuai yang telah terhubung oleh akun TikTok) => centang bagian bawah => simpan.

7. Berikutnya, terdapat pemberitahuan mengenai konfirmasi terkait informasi bisnis dan informasi pemilik bisnis untuk memastikan tidak ada kesalahan. Apabila sudah sesuai klik “konfirmasi”.

8. Tunggu proses verifikasi mengenai usaha Anda yang telah di daftarkan dengan ditinjau dengan waktu paling lama 48 jam.

9. Apabila verifikasi tinjauan sudah disetujui, akun penjualan Anda dapat di akses secara mudah dan Anda pun dapat menambahkan produk penjualan melalui TikTok Shop.

 


Baca juga: Cara daftar akun TikTok Shop untuk pemula

Baca juga: Apa saja jenis produk yang tersedia di TikTok Shop?

Baca juga: Cara jitu dapatkan diskon di TikTok Shop
 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024