Pemangkasan suku bunga ini yang pertama sejak Februari 2021 dan mendahului Bank Sentral Amerika yang akan menurunkan nanti malam
Jakarta (ANTARA) - Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan Rabu ditutup stagnan setelah Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDF BI) September 2024 memutuskan untuk memangkas suku bunga BI-Rate sebesar 25 basis poin menjadi 6 persen.
 
Pada akhir perdagangan Rabu, rupiah berada pada posisi yang sama dengan penutupan perdagangan sebelumnya, yakni Rp15.335 per dolar AS.
 
"Pemangkasan suku bunga ini adalah yang pertama sejak Februari 2021 dan mendahului Bank Sentral Amerika yang akan menurunkan suku bunga nanti malam," kata Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Rabu.
 
BI-Rate ditetapkan menjadi 6 persen dari sebelumnya 6,25 persen. Sementara suku bunga Deposit Facility juga dipangkas menjadi 5,25 persen, dan suku bunga Lending Facility menjadi 6,75 persen.
 
BI mengerek suku bunga sebesar 275 basis poin (bps) sepanjang Agustus 2022 hingga April 2024 sebelum menahannya pada Mei, Juni, Juli dan Agustus 2024.
 
Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas lain guna terus meningkatkan ketahanan eksternal dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional yang berkelanjutan.

Baca juga: Ekonom: Penguatan rupiah didukung aliran modal masuk yang signifikan

Baca juga: Rupiah meningkat di tengah pasar nantikan hasil RDG BI dan FOMC AS

 
Selain itu, Neraca Perdagangan Indonesia Agustus 2024 tercatat melanjutkan kondisi surplus, sehingga surplus terjadi 52 bulan berturut-turut sejak Mei 2020.

Bank Indonesia menilai capaian surplus neraca perdagangan tersebut menopang ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.
 
Di sisi eksternal, Komite Pasar Terbuka Federal Bank Sentral Amerika Serikat atau Fed akan memberikan keputusan suku bunganya pada akhir pertemuannya pada Rabu setelah itu Ketua Fed Jerome Powell akan mengadakan konferensi pers. Pemotongan suku bunga Fed terakhir terjadi pada Maret 2020 selama pandemi COVID-19.
 
Kontrak berjangka dana Fed menunjukkan peluang pemotongan suku bunga sebesar 50 basis poin berada di angka 63 persen, dibandingkan dengan 30 persen sepekan yang lalu, sementara peluang pemotongan sebesar 25 basis poin berada di angka 37 persen.
 
Kemudian, Bank of England juga diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada 5 persen saat bertemu pada hari Kamis, meskipun pasar telah memperkirakan peluang hampir 36 persen untuk pemangkasan lagi. Pasar Tiongkok ditutup untuk liburan Festival Pertengahan Musim Gugur hingga hari Rabu.
 
Kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu turun ke level Rp15.350 per dolar AS dari sebelumnya sebesar Rp15.338 per dolar AS.

Baca juga: Rupiah Rabu pagi menanjak 5 poin jadi Rp15.330 per dolar AS

Baca juga: Rupiah menguat menjelang RDG Bank Indonesia

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024