Jakarta (ANTARA) - Statistik memainkan peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari meskipun sering kali banyak orang yang tidak menyadarinya.

Statistik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) didefinisikan sebagai data berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau persoalan.

Namun demikian, angka yang dikumpulkan tersebut tidak hanya disajikan dalam bentuk tabel, tetapi juga bisa berbentuk chart atau grafik. Selain itu statistik juga didefinisikan dengan kumpulan data yang dihasilkan oleh pengolahan yang dilakukan menggunakan suatu metode. Metode itu disebut dengan statistika.

Statistik termasuk dalam jenis data kuantitatif yang kerap digunakan pada macam-macam bidang studi, mulai dari bisnis, ekonomi, pemasaran, hingga manufaktur.

Statistik digunakan sebagai alat untuk mempermudah proses penelitian atau analisis data karena menyediakan angka-angka yang diperoleh dari berbagai metode, seperti survei dan penghitungan jumlah atau frekuensi.

Secara umum, statistik memiliki dua kategori utama yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial.
  • Statistik deskriptif digunakan untuk menggambarkan atau meringkas data, misalnya melalui rata-rata, median, atau distribusi frekuensi.
  • Sedangkan statistik inferensial digunakan untuk membuat generalisasi atau kesimpulan tentang populasi yang lebih besar berdasarkan sampel data yang diambil.

Manfaat statistik

Statistik umumnya digunakan untuk membantu dalam pengambilan keputusan berbasis data dan memiliki sejumlah manfaat yang bisa diaplikasikan dalam banyak situasi, antara lain:

1. Penentuan sampel yang efisien

Statistik membantu dalam menentukan ukuran dan jenis sampel yang tepat, sehingga penelitian dapat dilakukan secara efisien dengan hasil yang akurat dan valid.

2. Penyajian data yang lebih mudah dipahami

Data statistik dapat dipaparkan dalam bentuk angka-angka, grafik, atau tabel, sehingga memudahkan pemahaman terhadap data yang rumit.

3. Dapat mengidentifikasi hubungan antar variabel

Statistik membantu mengidentifikasi hubungan antara variabel yang berbeda, apakah ada hubungan sebab-akibat atau korelasi antara variabel-variabel tersebut.

4. Prediksi masa depan

Statistik membantu dalam membuat prediksi tren masa depan berdasarkan data historis dan data yang ada saat ini.

5. Penarikan kesimpulan

Statistik memungkinkan peneliti dan analis untuk menarik kesimpulan yang valid dan didukung oleh data yang telah dianalisis.

6. Perbandingan antara kelompok

Melalui statistik, kita dapat membandingkan kelompok-kelompok yang berbeda dalam suatu populasi. Seperti perbandingan antara kelompok umur, wilayah geografis, atau preferensi konsumen, untuk melihat apakah ada perbedaan signifikan antara hal-hal tersebut.

Baca juga: Pengertian nilai tukar petani dan cara menghitungnya

Baca juga: Fungsi dan kewenangan Badan Pusat Statistik Indonesia

Baca juga: BPS Pangkalpinang kukuhkan agen statistik

Baca juga: Sejarah Hari Statistik Nasional yang diperingati setiap 26 September

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024