Jakarta (ANTARA) - Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengatakan, permainan direct atau mengoper bola langsung ke pertahanan lawan menjadi kunci kemenangan skuadnya atas VfB Stuttgart dengan skor 3-1 pada laga Liga Champions UEFA 2024-2025.

"Ketika harus memilih apakah menerapkan taktik built up progresif dengan membangun serangan dari bawah atau bermain direct (langsung-red), saya memilih memain langsung. Jika bermain dengan built up, kami tidak akan mencetak gol pertama," ujar Ancelotti, dikutip dari laman web Real Madrid di Jakarta, Rabu.

Pria asal Italia itu menyebut, komposisi pemain di skuadnya memang cocok untuk bermain direct karena diisi tiga penyerang bertipe pelari cepat yakni Rodrygo, Kylian Mbappe dan Vinicius Junior.

Saat menghadapi Stuttgart, gol pembuka Real Madrid datang dari Kylian Mbappe pada menit pertama babak kedua yang memanfaatkan umpan Rodrygo di depan gawang.

Baca juga: Real Madrid akan bertemu Dortmund dan Liverpool di Liga Champions

Namun, sebelum itu terjadi, bola awalnya dialirkan oleh gelandang bertahan Aurelien Tchouameni dari lini pertahanan Madrid langsung ke pertahanan Stuttgart yang mampu dikejar oleh Rodrygo. Pemain asal Brazil itu kemudian menggiring bola sambil berlari lebih cepat dari bek lawan lalu mengoper bola ke Mbappe yang sudah menunggu di depan gawang tanpa penjagaan.

"Kami masih terus mencoba untuk menampilkan permainan terbaik. Kami tidak memulai laga dengan bagus yang sempat membuat lawan mengendalikan permainan. Namun, kami terus bekerja keras karena tidak ada pertandingan Liga Champions yang mudah," tutur Ancelotti.

Menurut Ancelotti, sama seperti ketika menjuarai Liga Champions Eropa pada musim lalu, Real Madrid tetap mengandalkan kekuatan pertahanan dan kecepatan penyerangnya di depan.

Baca juga: Ancelotti bertekad perbaiki permainan Real Madrid

Bagi dirinya, penguasaan bola penting, tetapi salah satu cara paling cepat untuk mencetak gol yaitu dengan mengarahkan bola langsung ke pertahanan lawan.

"Kami harus berlatih lagi dalam penguasaan bola, tetapi kita jangan pernah lupa bahwa cara paling mudah untuk merusak lawan adalah dengan mencapai pertahanan mereka secepat mungkin," tutur Ancelotti.

Real Madrid menang dengan skor 3-1 atas tim Jerman VfB Stuttgart di Liga Champions UEFA 2024-2025, Rabu dini hari WIB, dengan gol-gol dari Kylian Mbappe, Antonio Rudiger dan Endrick. Sementara Stuttgart memperkecil kedudukan melalui Deniz Undav.

Kemenangan itu membuat Real Madrid berada di peringkat kelima klasemen sementara Liga Champions UEFA 2024-2025 dengan tiga poin dari satu laga dan berselisih gol dua.

Baca juga: Mbappe bawa Madrid menang di Liga Champions, Sporting tundukkan Lille

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024