Maka menarik juga untuk dikunjungi teman-teman di sekitar Asia Tenggara, karena ini baru pertama kali di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu RI mengajak negara-negara sahabat untuk memantau pelaksanaan Pilkada 2024, terutama saat hari pemungutan suara.

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengatakan bahwa salah satu negara sahabat yang akan diundang adalah Comissao Nacional de Eleicoes (CNE/Komisi Pemilihan Umum Timor Leste).

"Rencananya demikian, tetapi belum ada pembicaraan di antara kami," kata Bagja di kawasan Gambir, Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa alasan mengajak negara sahabat untuk memantau karena Pilkada 2024 merupakan pertama kali pilkada serentak diselenggarakan untuk seluruh wilayah Indonesia, yakni 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota.

"Maka menarik juga untuk dikunjungi teman-teman di sekitar Asia Tenggara, karena ini baru pertama kali di Indonesia," katanya.

Baca juga: Bawaslu telah siapkan Perbawaslu soal pilkada ulang imbas kotak kosong

Baca juga: Bawaslu dan KPU Timor Leste komitmen saling pelajari praktik demokrasi


Sementara itu, Presiden KPU Timor Leste Jose Agostinho da Costa Belo mengatakan bahwa pihaknya ingin melihat tahapan Pilkada 2024.

"Ini adalah laboratorium yang baik. Ya sebagai negara tetangga kami perlu belajar, sehingga bisa memperbaiki hal-hal yang kurang di Timor Leste," ujarnya.

Berdasarkan jadwal tahapan Pilkada 2024, saat ini akan dilakukan penetapan pasangan calon pada 22 September 2024. Selanjutnya, 25 September hingga 23 November 2024 para pasangan calon diagendakan berkampanye.

Kemudian tanggal 27 November 2024 menjadi hari pemungutan suara Pilkada 2024, serta dilanjutkan dengan penghitungan dan rekapitulasi penghitungan suara hingga 16 Desember 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024