Digitalisasi sekarang menjadi kunci kita untuk menjadi sebuah persaingan
Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Mandiri Digital Tower sebagai kantor baru untuk bagian teknologi informasi (IT) PT Bank Mandiri Tbk. (Bank Mandiri).

Ia menyampaikan peresmian gedung 32 lantai ini menjadi wujud komitmen Perseroan untuk menunjang operasional bisnis melalui transformasi digital.

“Digitalisasi sekarang menjadi kunci kita untuk menjadi sebuah persaingan, dan tentu cyber security menjadi sebuah hal yang harus dimaksimalkan sebelum dikembangkan,” kata Erick Thohir dalam konferensi pers peresmian Mandiri Digital Tower yang berlokasi di Grogol Petamburan, Jakarta, Rabu.

Dalam konferensi pers, Erick Thohir menyampaikan pendirian gedung khusus untuk divisi IT perbankan menjadi krusial di tengah era digitalisasi saat ini.

Menurutnya, kemajuan teknologi dapat memberikan manfaat sekaligus ancaman. Ancaman dari teknologi ia contohkan seperti adanya ledakan penyeranta (pager) massal yang terjadi di Lebanon.

“Kita bisa lihat pemberitaan beberapa hari terakhir, pager pun bisa dipakai untuk alat membunuh. Itu (pager) meledak bersama, dan tadi Bank Mandiri juga presentasi ke saya, di kurun waktu 25 jam ada 2 miliar serangan (siber),” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi merinci, Mandiri Digital Tower memiliki luas 1,5 hektar dengan 32 lantai. Gedung ini nantinya akan diisi oleh sekitar 4.400 staf IT Bank Mandiri.

Mandiri Digital Tower memiliki beberapa fasilitas mulai dari command center, perkantoran, hingga EV charging station. Mandiri Digital Tower juga menjadi gedung Bank Mandiri pertama yang mendapatkan klasifikasi platinum untuk konsep green building.

Darmawan mengatakan, gedung ini menelan investasi sekitar Rp1,1 triliun.

“Ini merupakan bentuk totalitas kami dalam mengoptimalkan teknologi informasi sebagai tulang punggung pengembangan bisnis di masa depan, dan menjadi game changer dalam persaingan era digital ini,” jelasnya.

Namun, Darmawan memberikan catatan bahwa gedung ini tidak menjadi tempat penyimpanan pusat data (data center).

“Tapi semua perlengkapan tentunya enggak bisa semua ada di sini. Karena ada seperti misalnya data center, kemudian juga yang terkait dengan bisnis recovery center, itu ada beberapa tempat yang tidak bisa kita expose. Tapi memang untuk transformasi digital itu sebagian besar kapasitinya ada di sini," kata Darmawan.

Baca juga: Bank Mandiri kembali gelar ajang WMM gali potensi wirausahawan muda
Baca juga: Bank Mandiri kembangkan empat pembaruan baru untuk bantu pelaku usaha

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024