Aceh Besar (ANTARA) - Atlet dayung putri DKI Jakarta Lola Hanarina Blegur berhasil membawa pulang medali emas pada cabang olahraga dayung rowing beach sprint atau rowing pantai Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI setelah mengalahkan Issa Behuku yang mewakili Maluku.

Pada babak final rowing beach sprint nomor coastal woman's solo (CWX1X) yang berlangsung di Pantai Pulau Kapuk, Kecamatan Loknga, Aceh Besar, Rabu, Lola keluar sebagai pemenang usai finis tercepat dengan waktu 2 menit 21,13 detik.

Memulai start di jalur B Lola berhasil tampil dominan dibandingkan Issa Behuku. Hal itu tersebut terlihat dari catatan waktu Issa yang finis dengan waktu 3 menit 20,56 detik dibandingkan Issa 3 menit 20,56 detik.

Saat pertandingan Issa sempat kesulitan memacu perahu yang ditungganginya terutama setelah berputar di buoy terakhir. Perahu alet putri Maluku itu sempat melebar ke sisi kiri jalur finis yang membuatnya bekerja keras kembali ke arah lintasan utama.

Di saat bersamaan Lola mencoba memanfaatkan situasi tersebut dengan memacu perahu yang dikemudikannya hingga berhasil tiba di bibir Pantai Pulau Kapuk dan menyentuh garis finis.

Kemudian di perebutan tempat ketiga atau medali perunggu, Nurtang yang mewakili Sulawesi Selatan harus bekerja keras hingga garis finis untuk mengalahkan Regina Daimone asal Papua Barat.

Pada balapan Ke-38 itu, Nurtang menjadi yang pertama menyentuh garis finis dengan catatan waktu 2 menit 24,87 detik. Sementara Regina harus puas di posisi keempat dengan waktu 2 menit 48,15 detik.

Sementara itu, technical delagate cabang olahraga dayung rowing beach sprint, Budiman Setiawan mengatakan cabang olahraga dayung rowing pantai memperebutkan tiga medali emas dari tiga nomor pertandingan. Ketiganya ialah coastal woman's solo (CW1X), coastal men's solo (CM1X) dan coastal mixed double sculls atau CMIX2X.

"Hari ini cuaca sangat bagus dan mendukung. Untuk mengantisipasi (cuaca buruk), tadi kita memulai pertandingan lebih awal pukul 06.30 WIB," kata Budiman.


Baca juga: PODSI: Rowing pantai PON XXI pintu awal atlet menuju Olimpiade 2028
Baca juga: Panitia tunda lomba rowing pantai PON XXI akibat pasang surut air laut

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024