Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), menjalankan program bantuan untuk kaum lanjut usia atau lansia sebagai salah satu upaya meringankan beban mereka.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kotim Hawianan di Sampit, Rabu, mengatakan sejak Januari 2024 pihaknya telah menjalankan program bantuan bagi warga lansia atas instruksi bupati dan wakil bupati.
 
“Program ini kami mulai dari triwulan I 2024  dan sampai sekarang masih berjalan. Adapun program ini untuk triwulan III masih ada, dan Kepala Desa Penyaguan mengusulkan untuk mendapatkan bantuan,” ujarnya.

Baca juga: Pemkot Mataram salurkan bantuan beras untuk lansia

Oleh karena itu, Dinsos Kotim baru saja mendistribusikan bantuan untuk para lansia yang ada di Desa Penyaguan, Kecamatan Pulau Hanaut. Adapun bantuan yang diberikan yakni sebanyak 21 paket sembako bagi warga lansia.

"Supaya penyaluran bantuan tepat sasaran ada beberapa kriteria yang ditetapkan bagi penerima bantuan, yakni lansia, tidak bisa bekerja atau mencari nafkah sendiri dan hanya bisa bergantung kepada orang lain," ujarnya.
 
Selain itu, ada pula program untuk warga disabilitas dan anak yatim piatu. Semua program tersebut membutuhkan peran serta pemerintah desa setempat yang lebih mengetahui kondisi warga masing-masing.
 
“Untuk itu, kami mengharapkan kerja sama dari aparatur desa, sebab kami juga akan merasa bersalah jika ada warga yang membutuhkan tetapi tidak mendapat bantuan,” ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Madiun salurkan bantuan sosial untuk lansia non potensial
 
Camat Pulau Hanaut Dedi Purwanto menyampaikan bahwa di wilayahnya memang cukup banyak warga yang membutuhkan bantuan pemerintah, terutama warga lanjut usia.
 
“Kadang-kadang para lansia ini walaupun memiliki anak tetapi anak mereka bekerja di luar kecamatan, jadi tidak ada yang menjaga mereka. Adanya bantuan sembako ini tentu sangat membantu mereka, selain BLT-DD yang diberikan lewat desa,” katanya.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga akan terus mengingatkan seluruh kades agar aktif memantau kondisi warga masing-masing.
 
Apabila ada yang membutuhkan bantuan agar dapat segera didata dan dilaporkan, supaya bisa diusulkan mendapat bantuan baik yang diprogramkan pemerintah kabupaten, kecamatan maupun desa.

Baca juga: Yogyakarta salurkan asistensi sosial untuk lansia
 
Saat pemberian bantuan sembako bagi para lansia di Desa Penyaguan, juga dilaksanakan bersamaan dengan penyaluran 30 paket sembako dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian (Diskopukmperindag) Kotim untuk warga tidak mampu.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat/Devita Maulina
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024