Sceye Bernilai $525 Juta dan Siap Diluncurkan Secara Komersial Pada Tahun 2025 

Paris, (ANTARA/PRNewswire)- Hari ini di World Space Business Week (WSBW), Sceye mengumumkan kesuksesan penutupan putaran pendanaan Seri C . Sceye adalah perusahaan kedirgantaraan yang terkemuka asal A.S. dengan spesialisasi High-Altitude Platform Systems (HAPS). Putaran ini dipimpin oleh Mawarid Holding Company ("Mawarid"), sebuah perusahaan terkemuka asal Arab Saudi di bidang teknologi informasi dan komunikasi, satelit, dan solusi digital. 

Sceye memperkuat neraca keuangannya dengan menutup putaran pendanaan Seri C, yang menilai Perusahaan dengan pre-money valuation (nilai estimasi perusahaan sebelum mendapatkan dana) sebesar $525 juta. Dengan demikian, tersedia likuiditas yang memadai untuk mendanai kegiatan litbang, program penerbangan, dan peluncuran operasi komersial awal pada tahun 2025.

Aliansi strategis ini melanjutkan kesuksesan strategi kemitraan Sceye, setelah melibatkan América Móvil sebagai investor terbesar dalam putaran pendanaan Seri B yang berfokus di Amerika Latin.

"Putaran Seri C adalah pencapaian penting bagi Sceye. Dana ini akan mempercepat pengembangan platform dan rencana komersial kami, untuk memulai komersialisasi teknologi HAPS kami pada tahun 2025. Kemitraan kami dengan Mawarid membuka banyak wilayah dan peluang pasar baru bagi solusi inovatif kami," kata Mikkel Vestergaard Frandsen, CEO dan Pendiri Sceye. 

Kata Ghassan Itani, Assistant Chairman Mawarid, "Kemitraan ini meneguhkan komitmen Mawarid untuk memelopori kemajuan teknologi dan memberikan solusi digital yang melayani berbagai sektor industri penting. Dengan menggabungkan teknologi HAPS, kami meningkatkan posisi sebagai penyedia solusi industri strategis yang komprehensif."

Pengumuman investasi Seri C ini disampaikan setelah keberhasilan program penerbangan Sceye 2024, di mana perusahaan meraih pencapaian penting yang signifikan dengan mendemonstrasikan kemampuan penerbangan abadi (perpetual flight) selagi tetap berada di atas area operasional. Uji terbang ini membuktikan bahwa HAPS Sceye dapat beroperasi secara terus menerus, dengan energi surya yang memberi daya pada sistem pada siang hari dan penyimpanan baterai yang memastikan penerbangan semalaman.

Pencapaian ini menandakan munculnya lapisan infrastruktur baru antara sistem terestrial dan sistem luar angkasa. Hal ini menegaskan potensi transformatif teknologi HAPS dalam memperluas akses konektivitas, mengelola tanggap bencana, memantau perubahan lingkungan, dan mendeteksi bencana akibat iklim di waktu nyata. 

Tentang Sceye
Didirikan pada tahun 2014, Sceye adalah perusahaan kedirgantaraan yang khusus memajukan teknologi stratosfer untuk menghubungkan manusia dan melindungi bumi ini. Sceye memimpin industri High-Altitude Platform Systems (HAPS), dengan berfokus pada konektivitas universal, pemantauan iklim, pengelolaan sumber daya alam, dan pencegahan bencana. 

Tentang Mawarid: 
Didirikan pada tahun 1968, Mawarid Holding Company (MHC) adalah perusahaan terkemuka asal Saudi dengan portofolio beragam yang termasuk namun tidak terbatas pada  ICT, satelit, dan solusi digital. MHC telah menjadi pelaku komunikasi global, termasuk sebagai pendiri dan pemegang saham di Iridium Communications Inc (Nasdaq: IRDM) sejak awal tahun 1990-an dan beroperasi di berbagai sektor TIK maupun media di seluruh Timur Tengah (misalnya Salam, TLS, ATSS, "Noorsat: Geo-operator").

Kontak Media: 
Jasmine Wallsmith

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024