Purwokerto (ANTARA) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas Budi Nugroho mengatakan wilayah terdampak kekeringan di Banyumas, Jawa Tengah, hingga saat ini telah mencapai 43 desa.

"Berdasarkan data per hari ini (Rabu, 18/9), ada sebanyak 11.109 keluarga yang terdiri atas 35.111 jiwa di 43 desa di 10 kecamatan yang terdampak kekeringan," kata Budi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Rabu.

Ia mengakui jika pada awal September sempat terjadi hujan dengan intensitas tinggi di sebagian besar wilayah Banyumas.

Baca juga: BPBD: 44.079 warga Cilacap telah terima bantuan air bersih

Bahkan, kata dia, hujan tersebut sempat mengakibatkan terjadinya bencana banjir di tiga desa dan tanah longsor di satu desa.

Akan tetapi, lanjut dia, hujan yang sempat terjadi dalam beberapa hari itu belum bisa mengurangi dampak kekeringan.

"Oleh karena itu, kami masih menyalurkan bantuan air bersih bagi warga yang terdampak kekeringan. Apalagi dalam beberapa hari terakhir, kondisi cuaca kembali kering," katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya hingga saat ini telah menyalurkan bantuan air bersih yang bersumber dari APBD Kabupaten Banyumas sebanyak 234 tangki yang setara dengan 1.165.000 liter bagi warga terdampak kekeringan maupun untuk kebutuhan RSUD Banyumas dan Kantor Kecamatan Lumbir.

Baca juga: BPBD Banjarnegara distribusikan 219.000 liter air bersih

Menurut dia, bantuan air bersih juga disalurkan oleh PMI Kabupaten Banyumas sebanyak 56 tangki atau 280.000 liter, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy sebanyak 11 tangki atau 55.000 liter, BBWS Serayu Opak sebanyak 92 tangki atau 475.000 liter, dan organisasi kemasyarakatan serta dunia usaha sebanyak 22 tangki atau 110.000 liter.

"Total bantuan air bersih yang telah disalurkan mencapai 402 tangki yang setara dengan 2.020.000 liter," katanya.

Terkait dengan kondisi cuaca yang kembali kering, dia mengimbau masyarakat untuk berhemat dalam menggunakan air bersih mengingat saat sekarang masih berlangsung musim kemarau.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga diimbau untuk tidak membuat api di hutan maupun lahan kering guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca juga: BPBD: 23 desa di Cianjur terdampak kekeringan, minta bangun sumur bor

"Berdasarkan data sejak awal musim kemarau hingga saat ini, di Banyumas telah ada 18 kejadian karhutla dengan luasan lahan yang terbakar mencapai 48,2 hektare dan mengakibatkan satu korban jiwa," kata Budi.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024