Kegiatan bersih pantai ini sebagai langkah awal untuk menyinergikan seluruh pemangku kepentingan yang ada di pelabuhan
Jakarta (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Dumai dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2024 melaksanakan kegiatan bersih-bersih di seluruh pantai dan dermaga Badan Usaha Pelabuhan (BUP), Terminal Khusus (TERSUS) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di Pelabuhan Dumai.

"Kegiatan bersih pantai ini sebagai langkah awal untuk menyinergikan seluruh pemangku kepentingan yang ada di pelabuhan, bersama dengan berbagai kegiatan industri yang terkait di dalamnya, dalam upaya pengendalian dan mendorong seluruh lapisan masyarakat maritim untuk mewujudkan laut biru dan pantai yang bersih," kata Kepala Kantor KSOP Kelas I Dumai Capt Diaz Saputra dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Dikatakan kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab Bersama meskipun pemerintah telah memfasilitasi dan memberikan dukungan, namun yang paling penting adalah kesadaran seluruh elemen masyarakat itu sendiri untuk selalu turut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, memilah sesuai jenis sampahnya, apakah sampah organik, non organik, atau sampah yang dapat didaur ulang dan memberikan keuntungan ekonomi lainnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, bahwa setiap tahunnya berton-ton sampah dan limbah plastik terdampar di pantai di seluruh dunia. Sampah ini mencemari lautan, membahayakan kehidupan laut dan mengubah pantai yang bersih menjadi tempat yang kotor yang dapat menimbulkan penyakit, sehingga kegiatan menjaga kebersihan pantai secara terus menerus merupakan salah satu cara yang baik untuk memerangi ancaman yang terus meningkat terhadap lingkungan maritim.

Lebih lanjut, dikatakan, bahwa dengan menjaga kebersihan pantai, kita tidak hanya menjaga keindahan alam dan kesehatan lingkungan, tetapi juga memastikan bahwa tumbuhan dan hewan ikan serta biota yang berada di laut juga menjadi bersih, tidak tercemar, dan sehat untuk dikonsumsi manusia, selain juga agar pantai yang indah dapat di nikmati oleh generasi mendatang seterusnya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wali Kota Dumai yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten II Syahrinaldi dan seluruh pejabat pemerintahan daerah di Dumai. Beliau menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini.

"Saya berharap agar kegiatan yang dilaksanakan bersama seluruh instansi maritim, pemangku kepentingan, serta masyarakat wilayah Dumai khususnya, dapat terus berlanjut untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitaran pantai," tutur Syahrinaldi.

Tidak hanya bersih pantai, kegiatan peringatan Harhubnas Tahun 2024 ini diawali dengan upacara gabungan Harhubnas yang dilaksanakan di halaman Kantor KSOP Kelas I Dumai. Dalam upacara tersebut turut hadir Kepala Distrik Navigasi Kelas I Dumai serta Dharma Wanita Persatuan. Adapun rangkaian kegiatan lainnya yakni donor darah yang dilaksanakan di kantor Dinas Perhubungan Kota Dumai.

Baca juga: Menteri Perhubungan beberkan hasil pembangunan maritim era Jokowi
Baca juga: Hari Perhubungan Nasional 2024, Heru tekankan pencapaian transportasi
Baca juga: Pemerintah - DPR sepakati pagu anggaran Kemenhub 2025 Rp24,76 triliun

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024