Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi pada Selasa (17/9), dan bisa dibaca kembali pada hari ini.

Berita diawali dengan penegasan Kementerian Agama (Kemenag) RI soal pengadaan layanan haji 2024 yang sesuai aturan, dan diakhiri dengan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia yang turun drastis dari empat persen menjadi 0,8 persen dalam satu dekade terakhir.

1. Kemenag tegaskan pengadaan layanan haji 2024 di Saudi sesuai aturan

Kemenag RI menegaskan seluruh proses pengadaan layanan ibadah haji 2024 di Arab Saudi telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Seluruh anggota tim sebelum melaksanakan tugas, semuanya telah menandatangani pakta integritas. Artinya kami Direktorat Pelayanan Haji Luar Negeri tidak ada alasan untuk tidak mempercayai tim tersebut," kata Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kemenag RI Subhan Cholid

2. Muhammadiyah segera bangun kantor-sekolah hingga rumah sakit di IKN

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan pihaknya berencana membangun kantor serta mengembangkan lembaga pendidikan hingga rumah sakit di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kami mengembangkan kantor Muhammadiyah sebagaimana di sini kan. Yang kedua, yang tidak kalah pentingnya, dua bidang, tiga sebenarnya. Satu, pendidikan. Kita sudah punya Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, UMKT ya, itu universitas swasta terbaik se-Kalimantan Timur dan se-Kalimantan Utara," kata Haedar.

3. Pemerintah usulkan aturan baru penerima bantuan iuran untuk Jamsostek

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengemukakan bahwa pemerintah tengah mengusulkan aturan baru terkait Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek).

"Ini masih kami usulkan, mudah-mudahan sudah bisa adopsi di pemerintahan baru," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

4. Hutan Wakaf dinilai prospek strategis Indonesia jawab tantangan iklim

Organisasi Muslim Indonesia untuk Aksi Bersama Mengatasi Perubahan Iklim (MOSAIC) memandang optimistis program Hutan Wakaf yang diinisiasi pemerintah menjadi prospek strategis Indonesia dalam menjawab tantangan perubahan iklim global.

"Program tersebut dapat terus berjalan karena adanya partisipasi holistik, termasuk swasta, dalam mendukung pemerintah untuk memenuhi target Net Zero dalam Paris Agreement," kata Pimpinan Proyek MOSAIC Aldy Permana

5. Muhadjir: Kemiskinan ekstrem turun dari 4 ke 0,8 persen dalam 10 tahun

Menko PMK Muhadjir Effendy mengemukakan angka kemiskinan ekstrem di Indonesia turun drastis dari empat persen menjadi 0,8 persen dalam satu dekade terakhir.

"Kemiskinan ekstrem yang terakhir per tahun 2023 itu kan sudah turun. Sebelumnya empat persen, pada 10 tahun terakhir itu mengalami penurunan, yang terakhir 0,8 persen," kata Menko PMK Muhadjir Effendy.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024