Jakarta (ANTARA) - Ibadah merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan seseorang kepada Allah SWT. Dalam Islam, ibadah diatur oleh syariat sebagai pijakan atau pedoman dalam mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Salah satu jenis ibadah yaitu mahdhah, yang memiliki aturan dan tata cara yang telah ditetapkan secara khusus dalam syariat Islam.

Dalam syariat, syarat merupakan kriteria yang harus dipenuhi sebelum melaksanakan ibadah, sedangkan rukun adalah langkah-langkah, tahapan, atau urutan yang harus diikuti secara lengkap selama pelaksanaan ibadah.

Ibadah ini meliputi amalan seperti salat, puasa, zakat, dan haji, yang semuanya memiliki syarat dan rukun yang harus dipenuhi, karena terdapat wahyu yang telah diperintahkan oleh Allah SWT untuk mendirikannya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui pengertian dan contoh ibadah mahdhah secara lengkap, berikut ini penjelasannya.

Pengertian ibadah mahdhah

Ibadah mahdhah adalah bentuk ibadah yang menunjukkan kepatuhan atau penghambaan murni dari hamba kepada Tuhan. Ibadah ini memungkinkan setiap orang untuk taat kepada Allah SWT melalui serangkaian ibadah yang telah ditentukan syaratnya.

Dalam ibadah ini, semua aspek pelaksanaannya telah ditentukan berdasarkan dalil syariat, termasuk tempat, waktu, tata cara, dan ketentuan lainnya.

Sebab, ibadah mahdhah pada dasarnya ditetapkan dengan tujuan tertentu untuk setiap orang yang melaksanakannya, yaitu untuk memperoleh pahala.

Ibadah mahdhah memiliki ciri-ciri sebagai diantaranya: harus berdasarkan dalil syariat Islam, hanya dapat diketahui melalui wahyu dan bukan melalui akal atau budaya, dikerjakan untuk memperoleh pahala sebagai bekal di akhirat, dan penerapannya tidak sepenuhnya dapat dipahami oleh manusia.

Dengan kata lain, setiap orang tidak dapat secara logis memahami maksud tertentu dalam melaksanakan kewajiban, khususnya dalam ibadah salat.

Contoh ibadah mahdhah

1. Melaksanakan salat

Salat merupakan bentuk ibadah mahdhah yang wajib, ditetapkan dan diperintahkan oleh Allah dalam Al-Qur'an. Salat adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap umat manusia, mencakup pelaksanaan salat Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

2. Berpuasa di bulan ramadhan
​​​​​​​

Setiap umat Muslim pastinya diwajibkan untuk melakukan puasa terlebih pada saat bulan ramadhan. Puasa yang dilaksanakan selama 29-30 hari lamanya, menjadikan salah satu perintah Allah untuk umatnya dalam meraih pahala di akhirat.

3. Menunaikan zakat

Dalam agama islam, pada dasarnya manusia diperintahkan untuk menyalurkan sebagian hartanya kepada sesama manusia yang berhak, seperti fakir miskin dan amil zakat. Zakat ini bertujuan untuk membersihkan harta dan jiwa, sekaligus membantu sesama umat manusia.

4. Pergi Haji

Ibadah haji ini merupakan salah satu hal yang diwajibkan kepada setiap manusia apabila mampu. Pastinya dalam pelaksanaan haji diinginkan oleh setiap Muslim untuk pergi ke Mekkah dan melaksanakan serangkaian hal yang harus dilaksanakan, sekaligus meminta doa kepada Allah SWT secara lebih dekat.

5. Membaca Al-Qur’an

Kitab suci Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi umat manusia. Membaca Al-Qur'an dengan tartil yang benar merupakan salah satu ibadah mahdhah yang sangat dianjurkan. Pelaksanaannya tidak hanya mendatangkan pahala, tetapi juga membantu memahami ajaran Islam secara lebih mendalam.

Baca juga: Pengertian ibadah dan keutamaannya dalam Islam

Baca juga: Dalam Islam, mencari nafkah yang halal merupakan ibadah

Baca juga: Jenis ibadah dalam agama islam

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024