Jakarta (ANTARA) - Ibadah merupakan salah satu konsep utama dalam ajaran agama. Secara umum, ibadah dapat diartikan sebagai segala bentuk aktivitas atau tindakan yang dilakukan oleh seorang umat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Ibadah dalam Islam tidak hanya terbatas pada ritual keagamaan tetapi juga mencakup segala bentuk perbuatan baik yang dilakukan dengan niat yang tulus kepada Allah dan sesuai dengan ajaran agama, seperti bekerja, menikah dan mencari ilmu.

Dengan memahami dan melaksanakan ibadah secara benar, seseorang dapat meraih kebahagiaan dunia dan akhirat serta mendapatkan keberkahan dalam hidupnya.

Lantas apa pengertian ibadah dan apa saja keutamaannya dalam melaksanakan ibadah di agama islam?

Pengertian ibadah

Dalam Islam, ibadah adalah segala bentuk pengabdian dan kepatuhan kepada Allah yang dilakukan dengan niat tulus dan sesuai ajaran-Nya dan Rasul-Nya. Dengan cara mendekatkan diri kepada Allah, melaksanakan perintah-Nya, dan menghindari larangan-Nya.

Ibadah dalam islam tidak hanya berlandaskan dari ke lima rukun islam yaitu, bacaan dua kalimat syahadat, shalat, puasa, zakat, dan haji bila mampu. Namun dilihat juga berdasarkan perbuatannya, yang dibedakan menjadi empat macam yaitu, Ibadah Qolbiyyah (ibadah hati), Ibadah Amaliyyah (ibadah perbuatan fisik), Ibadah Qauliyah (ibadah lisan), dan Ibadah Maaliyyah (ibadah pengeluaran harta).

Keutamaan dalam ibadah

1. Wujud syukur dan mendekatkan diri kepada Allah SWT

Salah satu tujuan utama dari ibadah adalah untuk mewujudkan rasa syukur dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan melaksanakan ibadah, seorang Muslim menunjukkan kepatuhan kepada Allah SWT, untuk mencapai keridhaan Allah.

2. Menyucikan diri dan pembersihan jiwa

Ibadah juga dapat membersihkan hati dari sifat-sifat negatif seperti kesombongan, kebencian, dan iri hati. Melalui ibadah, seorang Muslim berusaha untuk membentuk karakter yang lebih baik sesuai dengan ajaran Islam.

3. Mendapatkan pahala dan keridhaan Allah

Dengan beribadah dan menjauhkan larangannya, akan mendapatkan pahala bagi setiap umat Muslim yang menjalankan ibadah dengan niat yang tulus dan sesuai ajaran-Nya dan Rasul-Nya. selain itu keutamaan ibadah yang paling utama adalah bahwa ibadah menjadi penyebab utama untuk memperoleh keridhaan Allah, masuk ke dalam Surga, dan terhindar dari siksa Neraka.

4. Pengampunan dosa dan ketenangan hati

Dengan ibadah secara rutin dapat memohon ampun atas dosa yang diperbuat dan ketenangan hati. Salah satunya dengan shalat, yang tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga sarana untuk menenangkan perasaan hati dan pikiran dengan memohon ampun dan doa kepada Allah SWT.

5. Dapat menumbuhkan rasa sosial dan kepedulian sesama

Banyak bentuk ibadah, seperti zakat dan sedekah yang mengajarkan pentingnya membantu orang lain dan berbagi rezeki. Ini meningkatkan rasa sosial dan kepedulian terhadap sesama, memperkuat solidaritas dalam masyarakat.

Baca juga: Dalam Islam, mencari nafkah yang halal merupakan ibadah

Baca juga: Hukum dan dalil mengonsumsi minuman keras dalam Islam

Baca juga: Mengapa minuman keras haram dalam Islam?


 

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024