Jakarta (ANTARA) - SUN atau yang biasa disebut sebagai Surat Utang Negara merupakan salah satu investasi jangka pendek.  SUN memberikan investasi yang menguntungkan dan aman karena setiap pembayaran modal beserta bunganya dijamin oleh pemerintah dalam jangka tertentu.

Tingkat risikonya juga kecil, dengan modal investasi mulai dari Rp.1 juta. Lantas kapan keuntungan SUN bisa ditarik? 

Waktu yang tepat untuk menarik keuntungan dari SUN

Waktu yang tepat untuk menarik keuntungan dari Surat Utang Negara (SUN) tergantung pada tujuan investasi dan kondisi pasar. Pada umumnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menarik keuntungan jika:

1. Mencapai Tujuan Keuangan

Jika investasi SUN Anda sudah mencapai target keuangan atau tujuan tertentu, ini bisa menjadi saat yang tepat untuk menarik keuntungan.

2. Kenaikan Suku Bunga

Jika suku bunga pasar naik, nilai pasar SUN mungkin turun. Dalam kasus ini, menarik keuntungan sebelum nilai turun lebih lanjut bisa menjadi langkah yang bijak.

3. Perubahan Kondisi Ekonomi

Jika ada perubahan signifikan dalam kondisi ekonomi yang mempengaruhi stabilitas atau imbal hasil SUN, pertimbangkan untuk menilai kembali investasi Anda.

4. Pencapaian Jangka Waktu

Jika SUN yang Anda beli sudah mencapai jangka waktu jatuh tempo atau mendekatinya, ini juga merupakan waktu yang tepat untuk menarik keuntungan dari investasi tersebut atau melakukan investasi.

Cara pencairan SUN (Surat Utang Negara)

1. Penarikan SUN di Pasar Sekunder

Pasar sekunder merupakan bursa ataupun pasar surat berharga yang dapat dijual-belikan kepada para investor melalui penawaran secara langsung (primer). Setiap keuntungan yang terdapat dalam SUN memiliki potensi juga pada saat penjualan karena terdapat capital gain (keuntungan) atau capital loss (kerugian).

2. Penarikan SUN melalui platform pembelian

Untuk melakukan penarikan SUN Anda dapat melakukan di platform mitra distribusi pada saat pembelian investasi. Dengan melalui platform tersebut dapat mempermudahkan investor untuk menarik investasi SUN karena biasanya pada platform tersebut sudah terjamin kerjasama dengan media distribusi dan berizin OJK.

3. Penarikan SUN melalui Early Redemption

Early redemption adalah salah satu fasilitas untuk para investor menerima sebagian pelunasan dalam penarikan pokok SUN sebelum mencapai jatuh tempo.
Dalam penarikan ini jumlah kupon yang diterima akan sesuai dengan jumlah kepemilikan yang telah dimiliki oleh investor tersebut.

Untuk penarikan dana SUN maksimum sudah memiliki 50% nominal dari dana yang Anda investasikan, sehingga dari total tersebut akan dapat dicairkan dari total kepemilikan nya serta early redemption digunakan sesuai dengan periode yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Berapa dana minimal yang diperlukan untuk beli Surat Utang Negara?

Baca juga: Pemerintah menyerap dana Rp22 triliun dari lelang tujuh seri SUN

Baca juga: Jenis Surat Utang Negara, beserta contoh hitungan nilai dan bunganya

Pewarta: Sean Anggiatheda Sitorus
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024