Medan (ANTARA) - Tim bola voli putri Jawa Tengah menantang Jawa Barat dalam babak semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 seusai melewati hadangan Kalimantan Timur.

Tampil di GOR Bola Voli Indoor Sumut Sport Center, Deli Serdang, Selasa, Jawa Tengah tampil dominan dalam laga perempat final kontra Kalimantan Timur dan menang meyakinkan 3-0 (25-20, 25-12, 25-13).

Kemenangan ini mengantarkan Jawa Tengah berjumpa dengan Jawa Barat di babak semifinal yang akan digelar di lokasi yang sama pada Rabu (18/9) pukul 16.30 WIB.

Kalimantan Timur sempat memberi perlawanan sengit di awal laga perempat final melawan Jawa Tengah. Kalimantan Timur bahkan unggul cepat 6-3 atas Jawa Tengah saat set pertama baru memasuki menit ketujuh.

Meskipun begitu, Jawa Tengah berhasil memanfaatkan time-out pertama untuk mengejar ketertinggalan dan memangkas jarak menjadi 13-15 dari Kalimantan Timur.

Baca juga: Tim voli putri Jabar melaju ke semifinal
Baca juga: Bola Voli - Jadwal babak semifinal: pertarungan tim asal Jawa


Tak ingin kehilangan momentum, Kalimantan Timur segera meminta time-out ketika Jawa Tengah berhasil menyamakan kedudukan 15-15. Tetapi, yang terjadi justru Jawa Tengah berhasil menjaga konsentrasi mereka demi menutup set pertama dengan kemenangan 25-20 atas Kalimantan Timur.

Dominasi Jawa Tengah berlanjut di set kedua dan mereka segera unggul 8-5 atas Kalimantan Timur, memaksa lawannya meminta time-out. Hal itu tak banyak mengubah keadaan, sebab Jawa Tengah melaju memperlebar keunggulan 16-10 saat time-out kedua Kalimantan Timur.

Ersandrina Devega Salsabila dkk sukses menjaga penampilan yang solid dan mempertahankan ritme permainan untuk mengantarkan Jawa Tengah memenangi set kedua dengan skor telak 25-12 atas Kalimantan Timur.

Penampilan Jawa Tengah tetap stabil memasuki set ketiga demi memimpin 7-4 saat Kalimantan Timur meminta time-out. Setelah unggul 18-8 pada time-out kedua Kalimantan Timur, Jawa Tengah tanpa kesulitan menutup set ketiga dengan kemenangan 25-13, sekaligus menyelesaikan pertandingan dalam tiga set langsung. Skor akhir adalah 3-0 untuk kemenangan Jawa Tengah.

Baca juga: Andre Satria kembali ungguli para senior untuk menangi medali emas PON
Baca juga: Aditya Soekarno bangkit dari cedera untuk raih emas BMX di PON XXI

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024