dirinya terbuka menerima semua respons, kritik, dan masukan
Jakarta (ANTARA) - Bakal calon gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil (RK) berharap program "Rembug Kota" bisa menjadi  ruang ekspresi bagi warga Jakarta untuk mendukung keberlangsungan Pilkada 2024.
 
"Apapun bentuk ekspresinya, saya yakin kita semua punya tujuan yang sama yakni membuat Jakarta menjadi lebih baik," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, pada  peluncuran program "Rembug Kota: Curhat Sehari-Hari Tentang Hidup di Jakarta" di Ganara Artspace fX Sudirman.

Baca juga: KPU Jakpus buka rekrutmen 1.539 petugas KPPS untuk Pilkada DKI 2024
 
RK menyampaikan dirinya terbuka menerima semua respons, kritik, dan masukan melalui program yang diinisiasi oleh tiga perempuan yakni Amalia Ayuningtyas, Viera Lovienta dan Saira Saima.
 
Adanya program ini dinilainya menjadi kesempatan untuk mendengarkan dan mempelajari bersama para pakar yang terlibat.
 
Baginya, pemimpin bukan hanya sekedar mendengarkan, tapi merumuskan solusi nyata bersama.

Baca juga: KPU DKI Jakarta ajak masyarakat tak lakukan golput
 
"Saya yakin dengan mendengarkan dan bekerja bersama kita bisa mewujudkan Jakarta yang lebih baik," ujarnya.
 
Sementara, Co-Initiator Rembug Kota Amalia Ayuningtyas menyampaikan ajakan kepada seluruh warga Jakarta untuk bergerak bersama, berbagi pemikiran, dan menciptakan solusi demi Jakarta yang lebih baik.
 
"Rembug Kota ada di sini untuk memfasilitasi percakapan tersebut. Dengan partisipasi Anda, kami yakin bahwa suara-suara dari setiap sudut Jakarta akan berkontribusi pada demokrasi yang lebih kuat dan inklusif," ujar Amalia.
 
Senada, Co-Initiator Rembug Kota Viera Lovienta menambahkan Rembug Kota adalah ruang yang terbuka untuk semua, di mana berbagai pandangan dapat berbaur, dan di mana dialog yang jujur dan konstruktif menjadi landasan utama.
 
"Pemilihan gubernur bukan hanya tentang siapa yang terpilih, tetapi juga tentang bagaimana warga bisa terlibat aktif dalam menentukan arah masa depan kotanya," tambah Viera.

Baca juga: Bawaslu DKI sarankan KPU memutakhirkan data pemilih jelang Pilkada
 
Rembug Kota adalah sebuah program untuk meningkatkan demokrasi partisipatif, menampung dan mengakomodasi aspirasi warga Jakarta terkait berbagai isu kota, baik yang sedang dihadapi saat ini maupun tantangan di masa depan.
 
Dengan tujuan untuk mendorong warga kota Jakarta berpartisipasi dalam Pilgub Jakarta 2024 dengan semangat mendorong proses politik demi kebijakan publik yang berdasarkan pada kebutuhan dan harapan nyata warga Jakarta.
 
Sederet nama hadir seperti bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil dengan sederet panelis seperti Abigail Limuria (Co-Founder What Is Up, Indonesia?), Puty Puar (Founder Buibubijak.id) dan Okki Sutanto (Editor in Chief, BijakPilkada.id).

Acara ini juga dihadiri ratusan peserta yang berasal dari beragam latar belakang.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024