Medan (ANTARA) - Pebiliar Papua James Lengkang kembali membuka peluang merebut medali emas setelah memenangkan laga perempat final nomor carom cadre 47/2 cabang biliar PON Aceh-Sumur 2024 di Pardede Hall, Medan Selasa.

Lengkang mampu mengatasi perlawanan wakil Sumatera Utara Hotmaruli Simarmata dengan skor akhir 145-119, untuk melaju ke babak semifinal.

Kemenangan itu membawa Lengkang kembali ke jalur perebutan medali emas pertama untuk Papua dari cabang biliar. Sebelumnya, Lengkang memiliki dua kali kesempatan merebut emas melalui dua laga final yang dilakoni pada dua nomor yang berbeda.

Pada final pertama di nomor carom 1 cushion, Lengkang harus puas dengan medali perak setelah kalah melawan wakil Jakarta Rudy Hasan.

Selanjutnya, pada final keduanya, Lengkang juga kembali kalah dari wakil tuan rumah Hotmaruli Simarmata pada nomor carom libre.

Baca juga: Pebiliar Rudy Hasan buka peluang rebut emas keempat untuk Jakarta

Hingga Selasa (17/9), tim biliar Papua berada pada peringkat sembilan klasemen sementara dengan perolehan dua medali perak.

Pada PON Aceh-Sumut 2024, kompetisi biliar yang berlangsung selama 9-19 September, mempertandingkan lima kelas yaitu pool putra, pool putri, carom, english billiard, dan snooker.

Turnamen diikuti 127 atlet putra dan 14 atlet putri. Para atlet berasal dari 32 provinsi yaitu, Bali, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Riau, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara.

Selain itu, Aceh, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo.

Baca juga: Pebiliar Gebby Wibawa jadikan medali emas PON motivasi ke SEA Games

Baca juga: Merintis jalan prestasi biliar Papua Pegunungan

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024