Banda Aceh (ANTARA) - Babak final dua nomor cabang olahraga panjat tebing, yakni lead tim putri dan boulder tim putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh Sumatra Utara 2024 yang sesuai jadwal dilaksanakan Selasa, terpaksa ditunda akibat hujan deras.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan rapat dengan kontingen.

Rapat tersebut dihadiri kontingen dari 16 provinsi, yakni Sumatra Utara, Aceh, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, Jambi, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Bali, dan Papua.

Bahkan, babak kualifikasi dua nomor perlombaan tersebut yang sebagaimana jadwal semula digelar pagi hari diputuskan untuk dilaksanakan pada malam hari di hari yang sama.

"Hasil manager meeting 16.00 WIB yang dihadiri kontingen, babak kualifikasi lead tim putra dan boulder tim putri dilaksanakan malam, tanggal 17 September 2024," katanya.

Babak kualifikasi lead tim putra dan boulder tim putri diawali buka-tutup isolasi pukul 18.30-19.00 WIB, sementara perlombaan baru dilaksanakan pukul 19.30 WIB sampai selesai.

"Untuk Rabu tanggal 18 September 2024, di mulai dengan kualifikasi lead tim putri dan boulder tim putra. Jadwal detail menyusul," kata Agung.

Baca juga: Panjat tebing - Dua medali emas kembali diperebutkan pada Selasa

Berdasarkan jadwal, kualifikasi lead tim putra semestinya berlangsung pukul 09.00-10.30 WIB dan kualifikasi boulder tim putri pukul 10.30-12.00 WIB, kemudian dilanjutkan final dua nomor itu.

Namun, kemudian sempat diundur menjadi pukul 16.00 WIB dengan penyelenggaraan perlombaan lead tim putra dan boulder tim putri secara bersamaan karena Selasa siang masih hujan deras.

Meski demikian, hujan ternyata tak kunjung reda. Bahkan, semakin deras disertai dengan angin cukup kencang mulai Selasa pagi hingga sore hari.

Perlombaan panjat tebing di PON Aceh-Sumut berlangsung di arena terbuka alias "outdoor" sehingga dengan kondisi hujan dan angin kencang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan.

"Nggak (tidak jadi final hari ini, red.). Nanti 'update' jadwal menyusul," kata Agung memastikan final dua nomor perlombaan tersebut tidak jadi digelar pada Selasa.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 11 di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri, boulder perorangan putra dan putri, serta lead perorangan putra dan putri.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Baca juga: Panjat tebing - Papua salip Jateng di klasemen sementara

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024