Aceh Timur (ANTARA) - Kontingen Sulawesi Selatan memimpin perolehan medali cabang olahraga sepak takraw pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Gedung Idi Sport Center, Idi, Kabupaten Aceh Timur.

Koordinator Humas Cabang Olahraga Sepak Takraw PON XXI Aceh-Sumut Ilyas di Aceh Timur, Selasa, mengatakan Sulawesi Selatan memimpin dengan perolehan tiga medali emas dan satu perak.

"Tiga medali emas kontingen Sulawesi Selatan tersebut diraih dari nomor tim regu putra, tim ganda putra, dan tim ganda putri. Sedangkan medali perak diraih dari nomor tim regu putri," kata Ilyas.

Tuan rumah Aceh berada di peringkat dua dengan dua medali emas dan tiga perunggu. Dua medali emas tersebut diraih dari nomor ganda putra dan putri. Sedang tiga perunggu dari nomor tim regu putri, kuadran putri, dan tim ganda putri.

Di urutan ketiga Jawa Timur dengan perolehan medali satu emas dua perak. Medali emas Jawa Timur diraih dari nomor tim regu putri. Sedangkan dua perak dari nomor tim regu putra dan nomor tim ganda putra.

Selanjutnya Jawa Tengah dengan satu emas dan satu perak. Medali emas Jawa Tengah diraih dari nomor kuadran putri. Sedangkan medali perak dari nomor kuadran putra.

Baca juga: Sepak takraw PON XXI tuntaskan 89 pertandingan

Berikutnya, Gorontalo dengan satu medali emas dari nomor kuadran putra. Sementara, Jakarta dengan perolehan medali satu perak dari nomor tim ganda putri, serta dua perunggu dari nomor tim ganda putra dan tim regu putra.

Jambi dan Jawa Barat sama-sama meraih satu medali perak. Medali perak Jambi diraih dari nomor ganda putri. Sedangkan medali perak Jawa Barat dari nomor kuadran putri.

Sedangkan Riau dengan dua perunggu. Medali perunggu tersebut diraih dari nomor ganda putra dan tim regu putri. Sementara, Bali, Banten, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Lampung, dan Sulawesi Tengah, masing-masing memperoleh satu perunggu.

"Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut masih mempertandingkan satu nomor lagi, putra dan putri, yakni nomor regu. Pertandingan nomor regu sudah memasuki babak semifinal," kata Ilyas.

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut memperebutkan 10 medali, lima dari kelompok putra dan lima dari putri. Cabang olahraga tersebut dipertandingkan di Gedung Idi Sport Center, Kabupaten Idi, mulai 7 hingga 19 September 2024.

Ke-10 medali emas tersebut diperebutkan dari lima nomor, putra dan putri, yakni nomor perorangan ganda, tim ganda, nomor regu, tim regu, perorangan kuandran

Cabang olahraga sepak takraw PON XXI Aceh-Sumut mengikutsertakan sebanyak 192 atlet dari 26 provinsi. Jumlah atlet tersebut belum termasuk dari tuan rumah Aceh dan Sumut.

Baca juga: Sepak takraw - Sulteng hadapi Gorontalo di semifinal nomor regu putra

Baca juga: Sepak takraw - Sulteng dan Jambi ke semifinal nomor regu putri

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024