Banda Aceh (ANTARA) - Technical Delegate cabang Olahraga Menembak Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024, K.S. Henry Indrayani Oka, menyatakan pertandingan untuk sejumlah nomor yang sedianya dilangsungkan pada Selasa (17/9) harus ditunda akibat cuaca ekstrem yang terjadi di Lapangan Tembak Rindam, Aceh Besar.

"Saat ini seluruh pertandingan yang bertanding hari ini kita tunda dan akan dilanjutkan untuk esok hari," katanya di venue menembak PON XXI.

Pernyataan itu disampaikan Henry menyusul talang air di lapangan tembak indoor 10 meter ambruk tak sanggup menahan derasnya air hujan selepas pertandingan dan banjir yang merendam arena menembak outdoor 50 meter serta menembak reaksi.

Ia menjelaskan untuk kelanjutan pertandingan pihaknya tetap memastikan seluruh lapangan yang menggunakan aliran listrik, jaringan yang tersedia aman dan tidak terjadi kendala.

"Khusus untuk lapangan 10 meter indoor, Alhamdulillah pertandingan di lapangan 10 meter telah tuntas dan sukses kita laksanakan. Pada saat kejadian tidak ada pertandingan lagi di sana hanya menjadi tempat persiapan atlet," katanya.

Baca juga: Talang air lapangan tembak ambruk akibat hujan lebat
Baca juga: Lapangan tembak PON XXI Aceh-Sumut terendam banjir


Ia mengatakan khusus untuk lapangan outdoor yang terendam banjir yakni 50 meter dan tembak reaksi, dilakukan sodetan agar air yang merendam lapangan pertandingan dapat dibuang ke embung yang ada di lokasi tersebut.

"Sesuai dengan jadwal yang masih tersedia dua hari lagi, kami memastikan 19 nomor pertandingan akan tuntas dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang dimiliki hingga 19 September 2024," katanya.

Ia menambahkan banjir yang melanda venue menembak tersebut merupakan kejadian yang tidak terduga dan saat ini terus dilakukan berbagai upaya sehingga pertandingan yang dijadwalkan esok hari dapat berjalan lancar.

Cabang olahraga menembak memperebutkan 40 medali emas dengan jumlah atlet yang akan ikut berkompetisi pada pertandingan tersebut sebanyak 316 atlet yang berasal dari 33 provinsi. Pertandingan tersebut akan berlangsung dari 10 sampai 19 September.

Baca juga: Berkuda-Teuku Rifat Harsya raih dua medali emas equestrian 
Baca juga: Pertandingan woodball double mix fairway digelar besok akibat hujan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024