Banda Aceh (ANTARA) -
Atlet Jakarta Teuku Rifat Harsya meraih dua medali emas equstrian pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di Jericho Stable, Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Selasa.
 
Harsya memenangi medali emas dari kelas beregu U-21 untuk nomor dressage (tunggang serasi) dan nomor jumping (lompat rintangan).
 
Dengan total perolehan sementara empat medali emas, Jakarta dipastikan menjadi juara umum pada cabang olah raga (cabor) tersebut. (Sumut, 17/09).
 
“Alhamdulillah Ini adalah hasil dari kerja keras dan ketekunan selama 5 tahun terahir. Saya berharap pencapaian ini bisa menginspirasi anak muda Indonesia untuk terus berprestasi tidak hanya di tingkat nasional, bahkan membawa merah putih ke tingkatan internasional.” ujar Harsya seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima ANTARA.
 
Medali emas pertama Harsya dan tim didapatnya dalam kelas dressage beregu U-21 bersama M. Akbar Kurniawan dan Claresta Amantha Kamsari. Sementara medali emas kedua diperoleh dalam kelas jumping beregu U-21 100 CM bersama M. Akbar Kurniawan dan Aisha Medyna Hakim.
 
Pada PON XXI Aceh- Sumut, cabang berkuda nomor equestrian menampilkan sembilan kelas untuk memperoleh medali. Sebanyak tujuh kelas telah usai dipertandingkan dan tersisa dua kelas lagi yang akan bertanding pada Rabu (18/9).
 
Sebanyak empat medali emas telah berhasil direbut tim Jakarta, sehingga memastikan provinsi itu akan menjadi juara umum equestrian.
 
Adapun klasemen sementara perolehan medali; DKJ dengan 4 medali emas, diikuti oleh Jawa Barat (1 emas, 4 perak), Sumatera Utara (1 emas 2 perunggu) dan DIY(1 emas).
 
Selain Berkuda Equestrian dibawah olah raga berkuda juga terdapat cabang olahraga Berkuda Pacu, di mana Jakarta juga menjadi juara umum dengan merebut empat medali emas, empat medali perak dan empat medali perunggu.
 
Posisi kedua dihuni Kalimantan Selatan dengan empat medali emas, satu medali perak, dan satu medali perunggu. Sedangkan posisi ketiga ditempati oleh Jawa Barat dengan Satu medali emas, dua medali perak, dan tiga medali perunggu.


 

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2024